Kamis, 22 November 2012

Myers Briggs Type Indicator (6)

Tipe 11: INTJ

Seorang INTJ adalah ahli strategi. Mereka seorang pemikir keras yang penuh ambisi dan percaya diri. Mereka hidup di dunia yang penuh ide dan perencanaan strategis. Tipe keperibadian yang satu ini amat menghargai pengetahuan dan inteligensi. Mereka cocok untuk menjadi ilmuwan dan bekerja di bidang riset atau penelitian.

Pikiran mereka terus bekerja untuk mengumpulkan informasi bahkan selagi mereka tidur. Tidak mudah bagi seorang INTJ untuk mengkomunikasikan ide-ide dan pemikirannya kepada orang lain. Bentuk internal pemikiran mereka terputus-putus dan tidak siap dimengerti oleh orang awam. Mereka harus menuangkan ide-idenya ke suatu sistem yang mudah dimengerti agar orang lain mendapatkan manfaatnya.

Seorang INTJ adalah pribadi yang rapi, teliti dan sistematis. Mereka tidak menyukai sesuatu yang berbelit-belit dan tidak jelas. Amat penting bagi seorang INTJ untuk mengambil keputusan, memberikan penilaian dan meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. Mereka adalah orang yang “gatal” dan tidak tahan melihat sebuah rubik tidak mempunyai warna yang sama pada satu sisi.

Seorang INTJ perlu belajar mengungkapkan perasaannya pada orang lain dan bersikap terbuka. Mereka perlu bergaul dan “melihat dunia”, mengunjungi tempat baru yang belum dikenal agar memperoleh wawasan dan sekaligus mengembangkan sisi empatinya pada orang lain.

Tipe 12: INTP

Seorang INTP sangat menghargai pengetahuan dan inteligensi. Mereka senang memecahkan masalah dengan logika dan analisa. Jika, seorang INTJ tidak sabar dalam mengambil keputusan dan menerapkan aplikasi dari “penemuan” mereka ke dalam suatu sistem yang dapat dilihat, disentuh dan diraba. Maka seorang INTP hanya menyenangi kemungkinan teoritis.

Seorang INTP adalah para pemikir keras. Mereka telalu lama hidup di dalam pikiran mereka dan selalu bertanya “mengapa” dan “bagaimana”. Mereka tidak menyukai tugas-tugas yang rutin dan kewajiban seperti membayar tagihan listrik dan air. Mereka juga tidak peduli dengan uang dan popularitas. Akan tetapi, mereka adalah seorang visioner yang akan mengubah dunia dengan terobosan-terobosan baru di dunia ilmu pengetahuan. Tentu saja itu dapat terjadi jika mereka dapat bekerja sendiri di lingkungan yang mendukung kreativitas mereka.

Akan tetapi kelemahan dari para INTP adalah kesulitan mengkomunikasikan penemuan-penemuan teori mereka yang spektakuler ke media yang tepat. Mereka lebih senang membuat teori yang berbelit-belit dan meninggalkan penerapannya kepada orang lain. “Teori Relativitas Einstein” (yang terkenal tapi sama sekali tidak kita pahami) dan “Partikel Tuhan”, mungkin saja diciptakan dari seorang INTP.

Orang INTP sering meninggalkan pekerjaan ketika pemecahannya telah ia ketahui. Begitu senangnya mereka dengan memecahkan masalah dan menciptakan teori sehingga langsung lari ke masalah baru. Mereka perlu menyadari bahwa sebuah penemuan tidak akan berarti apa-apa jika hanya kau sendiri yang tahu.

Tipe 13: ISFJ

Seorang ISFJ adalah pribadi yang sensitif, ramah dan perhatian pada orang lain. Mereka menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingannya sendiri. Mereka adalah pekerja yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Para ISFJ cenderung menyembunyikan perasaannya dari orang lain.

Di sisi lain, mereka cenderung murah hati dan siap menolong siapa saja yang membutuhkan pertolongannya. Mereka sulit mengatakan “tidak” kepada permintaan orang lain. Seorang ISFJ perlu memperhatikan kebutuhan-kebutuhannya sendiri dan memprioritaskannya di atas kebutuhan orang lain.

Oleh : Ryusai
Referensi :
1. Koswara, E. 1991. Teori-teori kepribadian. Bandung: PT Eresco Bandung
2. Schultz, D. 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model-model kepribadian Sehat. Penerbit Kanisius
3. Bruno, F.J. 1989. Kamus:Istilah Kunci Psikologi. Penerbit Kanisius
4. Sumadisuryabrata, 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
5. Hall C. S. & Lindzey G. 1978. Theories of Personality. John Wiley & Sons, Inc


Related Posts :