Sabtu, 24 November 2012

Myers Briggs Type Indicator (7)

Tipe 14: ISFP

Seorang ISFP hidup di dunia yang penuh dengan sensasi. Mereka sangat sensitif terhadap bentuk fisik, selera, suara, rasa dan aroma. Mereka sangat menikmati momen saat ini dan terlihat santai dalam mengerjakan sesuatu. Di balik sikap santai dan riangnya, seorang ISFP sebenarnya cukup serius dalam memandang kehidupannya.

Seorang ISFP biasanya dianugerahi bakat seni tertentu karena mereka dapat menciptakan dan menerjemahkan segala yang mereka rasa melalui indera mereka ke dalam bentuk seni. Mereka adalah pribadi yang sensitif, dan mudah sakit hati. Tenang, ramah, penuh kasih dan berbicara lembut adalah ciri khas mereka. Karena itu mereka tidak suka suasana yang penuh dengan permusuhan dan kebencian.

Mereka cenderung menghindari konflik dan tidak segan pindah tempat kerja jika suasana di kantor tidak sesuai dengan nilai-nilai pribadi mereka. Amat penting bagi seorang ISFP untuk merasakan kedamaian, ketenangan dan keharmonisan di mana pun ia berada dan dengan siapa saja.

Tipe 15: ISTJ

Seorang ISTJ adalah seorang pekerja keras, bertanggung jawab, dan dapat diandalkan. Mereka memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menerima sebuah tugas, mendefinisikan, mengatur, merencanakan dan menyelesaikannya sampai tuntas. Mereka orang yang tenang, pendiam, konservatif, realistis, praktis, dan rasional. Mereka amat nyaman dengan rutinitas kerja mereka dan menolak perubahan.

Seorang ISTJ sangat taat pada peraturan dan hukum. Mereka percaya pada prosedur yang berlaku dan ini yang menyebabkan seorang ISTJ agak kaku dan dingin. Mereka kurang peka terhadap perasaan orang lain. Para ISTJ suka memimpin dan mengatur orang lain. Ini akan menyebabkan mereka kurang dapat berhubungan dengan orang lain.

Mereka harus belajar memahami perasaan dan kebutuhan orang lain serta melihat sisi positif yang dimiliki oleh orang lain.

Tipe 16: ISTP

Seorang ISTP sangat menyukai hal-hal teknik yang berkaitan dengan mesin. Mereka senang memisah-misahkan sesuatu hanya untuk melihat cara kerjanya. Mereka adalah orang yang berani dan berjiwa petualang. Para ISTP sangat tertarik pada sepeda motor, pesawat terbang, terjun payung, dan paralayang. Mereka menyukai aktivitas-aktivitas berbahaya yang memacu adrenalin mereka.

Walaupun demikian, mereka adalah orang yang peduli dan penuh pertimbangan pada keselamatannya sendiri. Orang ISTP mampu menghadapi perubahan yang mendadak cepat dengan sikap yang tenang. Hal ini akan sangat berguna di situasi yang kritis. Umumnya, mereka adalah orang yang percaya diri, tegas dan pemecah masalah yang baik.

Seoang ISTP sebaiknya jangan menyimpan informasi yang seharusnya dibagi dengan orang lain dan belajar untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada orang lain. Mereka juga sebaiknya jangan mencari-cari kesalahan yang ada dalam diri orang lain, walaupun itu dilakukan untuk memecahkan masalah yang ada.

Oleh : Ryusai
Referensi :
1. Koswara, E. 1991. Teori-teori kepribadian. Bandung: PT Eresco Bandung
2. Schultz, D. 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model-model kepribadian Sehat. Penerbit Kanisius
3. Bruno, F.J. 1989. Kamus:Istilah Kunci Psikologi. Penerbit Kanisius
4. Sumadisuryabrata, 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
5. Hall C. S. & Lindzey G. 1978. Theories of Personality. John Wiley & Sons, Inc


Related Posts :