Kamis, 01 November 2012

Pengenalan Wig

Tulisan tentang cosplay kali ini akan membahas mengenai wig. Wig merupakan salah satu properti opsional dalam cosplay. Kadang, di karakter yang akan kita cosplaykan warna dan/atau model rambutnya berbeda dengan warna dan/atau model rambut asli kita, sehingga untuk membuat kita semakin mirip dengan karakter yang akan kita cosplaykan, kita memerlukan wig. Wig yang digunakan dalam cosplay biasanya merupakan wig sintetis, alias yang tidak dibuat dari rambut asli.

Wig dapat dibeli di toko online maupun offline. Toko wig online banyak bertebaran di situs jejaring sosial seperti Facebook, maupun Blackberry Messenger. Sedangkan toko wig offline dapat ditemukan di berbagai tempat tertentu, misalnya di Jakarta dapat ditemukan di Mangga Dua. Wig yang dijual memiliki harga yang bervariasi, tergantung dari panjang pendeknya, mereknya dan kualitasnya. Semakin bagus kualitasnya (tidak mudah kusut, tidak mudah rontok, tahan panas, tebal, dan lain-lain), semakin mahal pula harganya.

Wig yang dijual bisa sudah di-style ataupun belum. Toko offline biasanya menjual wig dalam keadaan belum di-style, sedangkan pada toko online, wig yang dijual kadang bisa di-style oleh pemilik tokonya. Styling wig sebenarnya bisa dilakukan baik oleh salon maupun oleh stylist khusus wig, dan harganya juga berbeda tergantung kerumitan styling dan kemiripannya dengan karakter yang dicosplaykan. Agar wig kita semirip mungkin dengan karakter yang akan kita cosplay-kan, usahakan untuk membawa gambar karakter tersebut, atau membawa foto orang lain yang sedang men-cosplay-kan karakter tersebut ke orang yang akan men-style wig kita. Kadang, untuk karakter-karakter tertentu, diperlukan lebih dari satu wig untuk membuat rambut kita semakin mirip karakter yang di-cosplay-kan. Ada juga karakter tertentu yang memerlukan clip-on, semacam wig tambahan yang dapat dipasang pada wig, misalnya untuk karakter berkuncir model kuda poni (ponytail) maupun kuncir dua (twintail).


Wig dari Uzumaki Naruto, karakter utama dalam anime Naruto. Untuk mendapatkan wig seperti ini, dibutuhkan wig base yang distyle supaya mirip aslinya. (gambar dari Google)


Tampilan dari Taobao, situs semacam e-Bay asal China yang banyak menjual wig. Banyak toko online di Facebook yang menjual wig impor dari situs Taobao ini. Merek yang ada di situs ini pun bermacam-macam.


Salah satu toko wig offline di Bandung yang menjual wig. (gambar dari Google)

Biasanya, toko wig juga menjual hairnet. Hairnet ini berfungsi untuk membuat pemakaian wig menjadi lebih rapi. Rambut kita dapat dikumpulkan dan ditaruh di hairnet sehingga dapat lebih rapi dan rambut asli kita tak terlihat saat kita sedang memakai wig.

Pada tulisan mengenai cosplay berikutnya, akan dibahas mengenai cara memakai wig dan cara merawat wig.

Oleh : Jessica Yulianti


Related Posts :