Selasa, 04 Desember 2012

Cara Memakai dan Merawat Wig

Pada tulisan mengenai wig kali ini, akan dibahas mengenai cara memakai dan merawat wig. Khususnya digunakan untuk wig full cap dan sintesis, yang banyak digunakan untuk cosplay.

Cara Memakai Wig

Pemakaian wig (dalam hal ini, wig yang dipakai adalah wig full cap) sendiri sebenarnya tidak sulit. Alat yang wajib dibutuhkan untuk memakainya hanyalah hair net, yang dibutuhkan untuk membuat rambut asli tidak terlihat saat wig dipakai. Penggunaan hair net ini sangatlah mudah, kita tinggal memakainya seperti memakai bandana dan memasukkan rambut kita sedemikian rupa ke dalam hair net hingga tidak ada lagi rambut yang berantakan yang dapat terlihat saat kita memakai wig. Jika diperlukan, kita juga dapat menggunakan ikat rambut dan jepit rambut untuk membantu merapikan rambut kita.

 
Hair net untuk menutupi rambut asli hingga tidak terlihat saat wig dipakai. Ada hair net yang berwarna hitam (seperti gambar sebelah kanan), ada juga yang berwarna seperti warna kulit (gambar sebelah kiri), namun harganya lebih mahal. (Gambar dari Google)


Gambar di atas merupakan ilustrasi dari cara memakai wig. Dimulai dengan memakai hair net dan mengaturnya sedemikian rupa hingga rambut asli tak terlihat, lalu pakailah wig dan aturlah agar tidak terlihat rapi dan tak terlihat rambut asli. (Gambar dari Google)

Cara Merawat Wig

Wig yang kita pakai juga harus dirawat. Wig dicuci setelah dipakai kira-kira 5 kali, bahkan untuk wig lokal harus lebih sering untuk mempertahankan kelembutannya. Cara mencucinya adalah dengan menggunakan sampo khusus wig yang dapat dibeli di toko wig. Bisa juga menggunakan pelembut pakaian ataupun conditioner. Jangan kucek wig saat mencucinya, cukup rendam selama kira-kira 30 menit-1 jam dan bilas.


Rendam wig dalam baskom, seperti pada gambar di atas. Aduk-aduk sedikit hingga perlu, namun jangan dikucek terlalu berlebihan agar wig tidak mudah kusut. Sumber gambar: Google.

Saat mengeringkan wig, gunakan handuk dan tekan-tekan handuk tersebut di wig untuk menyerap air. Kemudian, gantung wig dan biarkan mengering secara alami. Jangan gunakan hair dryer ataupun sinar matahari langsung.

Setelah wig benar-benar kering, barulah wig dapat disisir. Cara menyisirnya adalah dimulai dari bawah. Kira-kira 10 cm bagian terbawah wig disisir ke arah bawah sampai halus, setelah itu baru lanjut ke 10 cm lebih atasnya, sisir lagi ke arah bawah. Begitu seterusnya. Jangan menyisir terlalu pangkal wig karena membuat wig gampang rontok.


Cara menyisir wig: dimulai dari bagian terbawah (gambar pertama), setelah rapi, dilanjutkan ke bagian yang lebih atas (gambar kedua), begitu seterusnya (gambar ketiga). Sumber gambar: Google.

Penyimpanan wig dapat dilakukan dengan menggantungnya di wig stand ataupun dimasukkan ke plastik wig.


Wig yang dipajang di wig stand. Sumber gambar: Google.

Pada tulisan selanjutnya mengenai cosplay, akan dibahas mengenai styling wig.

Oleh : Jessica Yulianti


Related Posts :