Rabu, 26 Desember 2012

Gulma Berkhasiat Obat: Binahong (Anredera cordifolia)

Binahong pada awalnya hanya dikenal sebagai tumbuhan semak. Tumbuh liar di semak-semak yang basah. Binahong termasuk tanaman berumur panjang (perenial). Belakangan baru diketahui bahwa tumbuhan ini berkhasiat obat. Bagian tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya. Namun bagian akar dan batangnya juga dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Ciri Fisik Tanaman

Secara morfologi tumbuhan binahong terdiri dari akar, batang dan daun. Kemudian dilengkapi dengan bunga yang muncul dari ketiak daunnya.

Batang binahong berbentuk silindris, tumbuh menjalar dan saling membelit. Batang berwarna merah dan agak lunak. Karena warna batang yang eksotik ini, binahong kemudian banyak dikembangkan sebagai tanaman hias. Batang binahong tumbuh menjalar, dengan panjangnya jika diurai bisa mencapai 5 meter bahkan lebih.

Bagaimana dengan daun? Binahong memiliki daun tunggal, dengan permukaan lebar dan bertangkai sangat pendek. Daun berwarna hijau dan tumbuh berselang seling pada batang. Helaian daun berbentuk jantung, tipis, permukaan licin dengan ujung meruncing. Helaian daun berukuran lebar seperti tanaman keladi. Permukaannya licin dan mengkilat jika ditimpa sinar matahari. Daun berukuran panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm. Sebagian masyarakat mempercayai bagian daun tanaman ini bisa dikonsumsi.

Binahong juga menghasilkan bunga. Bunga binahong merupakan bunga majemuk bertandan, bertangkai panjang dan muncul di ketiak daun. Mahkota berwarna krem agak keputih-putihan. Satu kuntum mahkota terdiri dari lima helai saling lepas dan mengeluarkan aroma harum.

Khasiat dan kegunaan

Daun binahong diketahui berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Baik untuk mengobati penyakit luar maupun penyakit dalam. Berikut adalah beberapa khasiat daun binahong untuk pengobatan:

  • Luka luar diantaranya yaitu: luka memar, luka tertusuk dan luka bakar.
  • Selain itu daun binahong juga digunakan sebagai obat dalam yaitu untuk mengobati sakit batuk, paru-paru, kencing manis, sesak nafas, darah rendah, radang ginjal dan geger otak ringan, dll.
  • Daun, umbi, batang dan akar binahong juga dipercaya berkhasiat mengobati disentri, ambeien, hidung mimisan, bengkak usus, menambah nafsu makan, gusi berdarah menjaga stamina tubuh dan menghangatkan badan.


Cara Penggunaan

Bagaimana cara penggunaannya? Sangat sederhana sekali. Untuk pengobatan luar cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

Ambil beberapa lembar daun binahong (bisa dua lembar atau lebih tergantung luasnya permukaan luka) kemudian tumbuk hingga halus. Jika dalam kondisi kepepet bisa juga dengan dikunyah. Kemudian balurkan pada area kulit yang luka atau memar hingga merata. Ulangi pengobatan hingga luka sembuh.

Sementara untuk obat dalam daun binahong yang sudah ditumbuk hingga halus kemudian ditambah sedikit air, saring, kemudian airnya diminum setiap hari. Selain itu bisa juga dengan cara diseduh dengan air panas atau direbus terlebih dahulu.

Oleh: Neti Suriana
Referensi
www.iptek.net.id
Al-Isfari, A.M. 2012. Hidup Sehat dengan Terapi Herbal. As-Salam publishing. Solo.


Related Posts :