Jumat, 21 Desember 2012

Liburan Yuuk!

Akhir tahun 2012 ini menjadi istimewa karena bertepatan dengan liburan sekolah. Pasti sangat menyenangkan. Terutama bagi adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah. Setelah satu minggu melewati ujian yang menguras konsentrasi, sekarang saatnya untuk berpetualang melepaskan semua beban pelajaran yang selama ini memenuhi kepala.

Eh tapi banyak juga lho yang merasa bete dengan liburan yang terlalu lama. Katanya, “bosaaaan di rumah nggak ngapa-ngapain. Mendingan di sekolah, banyak teman, banyak kegiatan.” Nah, biar liburan kali ini tidak membosankan yuk diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan. Liburan asyik tidak mesti harus pergi jauh dan menghabiskan uang kan? Di rumah atau bikin kegiatan bersama di lingkungan rumah juga bisa membuat liburanmu jadi lebih berwarna.

Yuk simak beberapa alternatif kegiatan agar liburan kali ini lebih berwarna:

a. Mencoba resep baru

Kalau kamu hobi masak tidak ada salahnya mencoba berbagai resep baru dan unik. Kamu bisa beli buku resep masakan yang murah meriah di toko buku, browsing resep-resep baru di internet atau belajar langsung dari koki terkenal yang ada di daerahmu. Jangan salah, mencoba resep yang benar-benar baru adalah petualangan tersendiri. Tidak kalah serunya dengan berpetualang di alam bebas. Nah, bagi kamu yang belum punya rencana liburan ke mana-mana, kenapa tidak mencoba alternatif ini?

b. Menata taman

Menata taman juga bisa menjadi pilihan kegiatan mengisi liburan yang bermanfaat. Selain untuk mengasah kecerdasan estetika juga menambah pengetahuanmu tentang tanaman hias dan ilmu budidaya tanaman. Selain itu, menata taman juga merupakan bagian dari kegiatan cinta lingkungan.

c. Belajar bisnis, kenapa tidak?

Nah, ini pilihan kegiatan yang tidak kalah serunya untuk mengisi liburan. Selain seru juga bisa menambah uang sakumu. Asyik kan? Kamu bisa belajar bisnis kecil-kecilan, misalnya dengan menjual kue bikinan ibu keliling komplek. Atau bisa juga menjual berbagai kerajinan pada acara-acara bazar, expo bisnis yang biasanya banyak di adakan pada saat liburan. Bisa juga dimulai dengan ikut membantu orang tua, kakak atau senior yang sudah menjalankan bisnis.

d. Menikmati berbelanja di pasar tradisional

Jika selama ini kamu terbiasa jalan-jalan atau belanja di mall, yuk untuk liburan ini mencoba sensasi berbelanja di pasar tradisional! Berbelanja dan menawar di pasar tradisional itu seru lho, apalagi kalau berhasil mendapatkan harga miring.

e. Ikut berbagai training

Jika di daerah/kotamu banyak terdapat lembaga training dan pelatihan, tidak ada salahnya liburan kali ini diisi dengan mengikuti berbagai training dan pelatihan. Seperti training jurnalistik, training komputer, pelatihan menjahit, dan lain-lain. Jarang-jarang kan mendapat ilmu-ilmu seperti ini di sekolah?

f. Berkunjung ke peternakan atau perkebunan

Ini merupakan salah satu kegiatan menarik yang akan mengenalkan kita pada dunia kerja dan alam. Pertanian dan peternakan adalah dua dunia kerja paling tua di dunia. Semenjak manusia mulai mengenal kehidupan menetap, semenjak itu juga keterampilan beternak dan bertani mulai dikenal.

Dan masih banyak alternatif kegiatan liburan lain yang murah meriah dan asyik. Yang jelas mari isi waktu liburan ini dengan kegiatan bermanfaat dan berbeda dari biasanya. Asyik tidak mesti mahal bukan? Yuuk berlibur!

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :