Selasa, 11 Desember 2012

Macam-macam Styling Wig

Seperti yang sudah disebutkan di bagian sebelumnya, tulisan kali ini akan membahas macam-macam styling wig supaya semakin mirip dengan karakter yang akan dicosplaykan.

1. Pengguntingan wig

Gunting wig agar mirip dengan karakter yang diinginkan. Styling model ini adalah yang paling sering digunakan. Dapat dilakukan bahkan di salon biasa sekalipun.


Menggunting wig. (sumber gambar: Google)


Macam-macam hairspray. Hairspray dapat diperoleh di supermarket terdekat dengan berbagai variasi harga. Karena fungsinya untuk styling, maka pilihlah hairspray yang tahan lama. (sumber gambar: Google)

2. Hairspray wig

Untuk wig-wig tidak tahan panas yang memerlukan styling lebih, misalnya untuk membuat efek curl (keriting), digunakan hairspray. Kekurangannya adalah kadang tak terlalu awet dan biayanya juga cukup mahal.


Untuk wig tahan panas, dapat memakai catok untuk membuat efek curly/keriting maupun lurus pada wig. (sumber gambar: Google)

3. Catok

Untuk wig-wig tahan panas, dapat digunakan catok untuk men-stylingnya. Kelebihannya adalah lebih awet. Namun, sayangnya, wig tahan panas berharga lebih mahal dibandingkan wig tidak tahan panas, sehingga biayanya juga tak kalah besar.


Wig tanpa clip on (kanan) dan dengan 2 buah clip on (kiri). Clip on biasa juga disebut hair extension. Sumber gambar: Google

4. Clip-on

Untuk karakter yang berkuncir cukup tinggi, dapat digunakan clip-on agar wig dapat terlihat lebih rapi. Clip-on ini bentuknya seperti wig biasa, namun ujungnya bukan berupa cap, melainkan harus disatukan dengan wig utama untuk mendapatkan efek berkuncir. Bisa juga clip-on ini dikepang atau semacamnya untuk karakter yang rambutnya dikepang, misalnya.


Wig dengan ahoge (seperti antena). Sumber gambar: Google


Untuk mendapatkan efek bun/konde seperti ini, dapat digunakan bun dengan cara menaruh gabus berbentuk bola yang kemudian dibungkus wig untuk mendapatkan efek bun yang diinginkan. Sumber gambar: Google


Contoh wig dengan efek gradasi, misalnya pada gambar ini adalah gradasi ungu-biru. Wig bergradasi ini dapat kita beli secara langsung maupun mengecatnya sendiri. Sumber gambar: Google


Bahkan dengan bantuan aksesoris, wig rambut dengan karakter unik, misalnya Byakuya Kuchiki dari anime Bleach, bisa dibuat. Sehingga cosplay kita akan semakin mirip dengan karakter yang aslinya. Sumber gambar: Google

5. Alat-alat Lainnya

Berbagai macam alat dapat digunakan untuk styling wig sesuai dengan karakter yang dicosplaykan. Misalnya, penggunaan aksesoris seperti pita, bando, dan semacamnya. Ada juga efek lainnya, misalnya efek gradasi. Dapat digunakan cat untuk membuat efek tersebut. Atau misalnya bun (konde), dapat digunakan gabus berbentuk bola yang kemudian dililit wignya. Untuk rambut yang berdiri (ahoge), dapat digunakan kawat. Tutorial dari efek-efek spesial ini dapat dilihat di Internet sesuai dengan kebutuhan kalian.

Tulisan mengenai cosplay berikutnya akan dibahas tentang dasar-dasar make-up.

Oleh : Jessica Yulianti


Related Posts :