Jumat, 21 Desember 2012

Mental Positif Pancarkan Inner Beauty

Anda tentu tidak asing lagi dengan kata inner beauty bukan? Anda mungkin juga memahami makna yang terkandung di balik kata ‘Inner beauty’ ini. Anda juga bisa merasakan dan menilai bahwa orang-orang yang berinteraksi dengan Anda memiliki inner beauty atau tidak? Namun, seringkali Anda sendiri kesulitan untuk mendeteksi inner beauty diri sendiri. Ya, inner beauty seringkali hanya mampu dirasakan oleh orang-orang yang berinteraksi dengan Anda.

Sederhananya inner beauty adalah mental positif yang ditampilkan dalam perilaku sehari-hari. Dalam bahasa lain inner beauty bisa juga diartikan sebagai keselarasan antara hati, pikiran dan sikap (perilaku) yang terjadi secara spontan, tidak dibuat-buat. Dalam bahasa agama inner beauty disebut juga dengan akhlak.

Jadi, pada dasarnya setiap pribadi berpotensi memancarkan inner beauty. Setiap pribadi berpotensi menjadi pribadi yang baik dan menyenangkan. Hanya saja, terkadang potensi itu tidak berkembang dengan baik karena banyak faktor yang kurang mendukung. Seperti pola asuh, lingkungan yang buruk dan lain-lain. Contohnya anak yang tumbuh di lingkungan orang dewasa yang terbiasa berkata-kata kasar, terbiasa berbohong maka ia akan tumbuh menjadi anak yang tidak terjaga lisannya.

Namun demikian inner beauty bisa diasah agar kembali bersinar. Seperti halnya mental positif yang bisa dibangun, meski harus melalui tahap-tahapan yang panjang dan tidak instan. Diperlukan kesadaran, kesungguhan dan latihan terus menerus untuk memperbaiki diri.

Seperti apa sih ciri-ciri inner beauty yang bersinar? Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa ciri inner beauty yang bersinar, yaitu:

  • Mampu mengendalikan emosi dalam kondisi apa pun. Tidak mudah di hasut dan selalu bersikap tenang. Sehingga ia selalu tampil nyaman di mana pun dan dalam kondisi apa pun ia berada.
  • Senantiasa menjaga kejujuran dalam setiap perkataan dan tindakan. Sehingga ia mampu menjadi kepercayaan siapa pun yang berinteraksi dengannya.
  • Amanah dan pantang berkhianat.
  • Senantiasa bersemangat dan penuh antusias menghadapi setiap situasi dan keadaan.
  • Penuh minat dan bersemangat dalam mengikuti berbagai aktivitas positif.
  • Menjaga estetika dalam bersikap dan berpenampilan. Misalnya tidak berlebihan dalam berhias. Berpakaian sesuai dengan situasi dan kondisi.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik. Pandai mengatur irama pembicaraan, tidak mendominasi dan tidak berpindah-pindah tema pembicaraan secara drastis.
  • Selalu tampil percaya diri dan mampu menempatkan diri dalam segala situasi.
  • Selalu mampu menampilkan bahasa tubuh positif dalam berinteraksi dengan sesama.
  • Mudah berempati dengan sesama.


Demikian beberapa ciri pribadi yang mampu memancarkan inner beauty. Dari ciri-ciri di atas dapatlah disimpulkan bahwa pancaran inner beauty sangat dipengaruhi oleh kualitas mental. Semakin baik kualitas mental, maka inner beauty akan semakin bersinar.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :