Rabu, 23 Januari 2013

7 Jenis Kecerdasan Manusia

Apa yang dimaksud dengan kecerdasan? Kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk mengeksplorasi serta memanfaatkan setiap potensi yang dimilikinya. Seperti kita tahu, setiap manusia dianugerahi potensi untuk bisa bertahan hidup, tumbuh, berkembang dan menjadi khalifah di muka bumi.

Jadi kecerdasan bukan semata kemampuan berpikir dan penalaran atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan otak . Akan tetapi kecerdasan meliputi semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia. Berikut akan dijelaskan macam-macam jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, yaitu:

1. Kecerdasan Fisikal

Kecerdasan fisikal atau kecerdasan fisik, yaitu segala bentuk kemampuan, keterampilan dan ketangkasan anggota tubuh. Orang yang unggul kecerdasan fisiknya akan tampak pada kemampuan mengoptimalkan kemampuan olah fisiknya. Misalnya kemampuan dalam bela diri, renang, menari dan sejenisnya. Sehingga, kecerdasan fisikal umumnya tampak pada mereka yang menekuni dunia olah raga dan seni gerak (misalnya penari, pemain sirkus, dll)

2. Kecerdasan Ruang - Waktu

Kecerdasan ruang dan waktu adalah kemampuan untuk mengingat dan mengidentifikasi posisi pada koordinat ruang dan waktu yang berubah-ubah. Orang yang memiliki kecerdasan ruang dan waktu ditandai dengan kemampuannya menghafal tempat baru dengan cepat dan mudah. Sebaliknya, orang yang memiliki kecerdasan ruang – waktu yang kurang cenderung lambat dalam menghafal rute perjalanan, posisi tempat dengan cepat. Nah, jika Anda masih suka bingung dengan jalan-jalan di kota Anda, padahal Anda sudah tinggal di sana puluhan tahun, boleh jadi Anda termasuk orang yang kecerdasan ruang-waktunya lemah.

3. Kecerdasan Penalaran

Kecerdasan penalaran ini secara umum dikenal juga dengan kecerdasan intelektual atau kecerdasan otak. Yaitu kemampuan untuk menalar, menguasai dan memecahkan persoalan yang dihadapinya.

4. Kecerdasan Verbal

Kecerdasan verbal berkaitan erat dengan kemampuan mengeluarkan pendapat, berbicara atau retorika. Kecerdasan ini tampak unggul pada mereka yang lihai dalam mengolah bahasa verbal seperti pengacara, orator, penceramah, motivator, penyiar, reporter dan sejenisnya.

5. Kecerdasan Sosial

Kecerdasan sosial adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain. Orang-orang yang unggul secara sosial sangat respek bergaul dengan masyarakat, mudah berinteraksi, dan memiliki rasa empati yang tinggi. Ia sangat mudah menyesuaikan frekuensi dengan semua golongan. Ia cenderung memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

Orang yang memiliki kecerdasan sosial tinggi umumnya pandai mengelola orang lain. Mudah mengambil hati dan mempengaruhi pihak lain. Biasanya orang yang unggul kecerdasan sosialnya sangat berpotensi menjadi pemimpin.

6. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal ditandai oleh kemampuan menghayati, memahami dan mengekspresikan nada baik dengan atau pun tanpa alat musik.

7. Kecerdasan Etis Spiritual

Kecerdasan etis - spiritual adalah kemampuan untuk memahami dan mengekspresikan pengetahuan etika dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Mereka yang unggul dalam kecerdasan ini cenderung santun, dan agami.

Tujuh Jenis kecerdasan di atas disarikan dari tulisan Abdurrahim Al-Qahthani dalam bukunya ‘Bertambah Kaya, Sehat dan Cerdas dengan Shalat Dhuha. Selain jenis-jenis kecerdasan di atas, sebenarnya para ahli juga ada yang mengelompokkannya dalam pembagian lain. Seperti pernah kita dengar kecerdasan finansial, kecerdasan emosi, kecerdasan matematis dan lain-lain.

Bagaimana pun teorinya, semoga kita mampu mengelola kecerdasan yang kita miliki dalam kebaikan. Sehingga, kita mampu memberi manfaat pada siapa pun dan di mana pun kita berada.

Oleh: Neti Suriana
Referensi:
Al-Qahthani, A. tt. Bertambah Kaya, Sehat dan Cerdas dengan Shalat Dhuha. Sandro Jaya. Jakarta.


Related Posts :