Selasa, 22 Januari 2013

Inspirasi Menulis Itu Dekat

Keluhan terbesar bagi penulis dan blogger pemula saat menulis adalah sulitnya menemukan ide atau inspirasi untuk menulis. Padahal, inspirasi menulis itu sangat dekat bahkan selalu ada. Lalu, mengapa masih banyak yang kesulitan untuk menemukannya. Jawabannya adalah karena kurangnya kepekaan dalam menangkap ide. Kurangnya kepekaan dalam menangkap ide timbul karena kurangnya latihan.

Oleh karena itu, untuk menumbuhkan kepekaan dalam menangkap ide, tidak ada pilihan lain bagi Anda selain memaksa diri untuk konsisten menulis. Menulis apa saja yang Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari dari hal yang paling sederhana, opini-opini singkat tentang buku, film atau mungkin pengalaman yang paling berkesan hari ini.

Mungkin awalnya konten tulisan Anda tidak lebih dari catatan atau curhat ringan. Namun, jika terus berlatih menggali makna dari setiap peristiwa dan perasaan yang Anda curahkan dalam tulisan tersebut, Anda akan mampu menghasilkan tulisan yang menginspirasi pembaca.

Tidak sedikit para penulis terkenal memulai karier menulisnya dari catatan-catatan harian yang ringan. Seperti novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata merupakan pengembangan dari catatan hariannya. Demikian juga Naqiyyah Syam salah seorang penulis sekaligus anggota Forum Lingkar Pena dari Lampung mengatakan dalam salah satu wawancara dengan media cetak setempat bahwa karir menulisnya diawali dari menulis pengalaman-pengalaman pribadi. Saya sendiri pun mulai percaya diri menulis semenjak rajin mengikuti berbagai even menulis pengalaman pribadi (true story) di facebook.

Nah, mulai sekarang yuk mulai konsisten menuliskan hal-hal ringan dalam catatan harian atau blog pribadi. Jika masih tetap bingung mau nulis apa, berikut ada beberapa inspirasi ide menulis yang bisa Anda gunakan untuk mulai menulis:
  • Ceritakan pengalaman paling berkesan yang Anda alami hari ini
    Setiap kita pasti punya pengalaman berkesan yang sulit dilupakan. Apakah itu pengalaman menyenangkan, mengharukan atau mungkin menyedihkan. Nah, dari pada pengalaman itu disimpan membuat kita senyum-senyum sendiri atau menggerutu sendiri ada baiknya dituliskan di catatan harian Anda. Gambarkan perasaan Anda dalam tulisan tersebut.
  • Komentari foto-foto kenangan yang menarik bagi Anda.
    Punya foto kenangan? Foto-foto itu bisa menjadi inspirasi menulis yang menyenangkan. Caranya, tempelkan foto tersebut di buku harian atau upload di blog, kemudian mulailah menulis komentar atau ceritakan sesuatu tentang foto tersebut.
  • Ceritakan tanaman atau binatang kesayangan anda
    Bagi Anda yang suka memelihara tanaman atau binatang kesayangan, tentu akan dengan ringan menceritakan tentang hal tersebut. Misalnya dengan menceritakan perkembangan tanaman. Mengambil fotonya kemudian menceritakan tentang bagian yang menarik pada foto tanaman tersebut dan seterusnya.
  • Komentari film yang Anda tonton hari ini
    Selesai nonton film jangan dipendam sendiri tentang serunya cerita film tersebut. Coba sekali-kali ditulis dan diposting di blog, kemudian nantikan respon menarik dari pembaca.
  • Tuliskan kembali buku atau artikel yang Anda baca dengan bahasa sendiri
    Terkadang apa yang kita baca akan sangat mudah sekali hilang dari ingatan. Nah, agar tidak mudah hilang segera tuliskan kembali isi dari bacaan tersebut dengan bahasa sendiri. Ini sangat membantu sekali untuk menguatkan daya ingat dan melatih kemampuan menulis Anda.

Demikian beberapa inspirasi menulis yang paling sederhana dan paling dekat dengan diri Anda. Semoga bisa membantu memecahkan kebuntuan menulis yang Anda alami.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :