Kamis, 31 Januari 2013

Penyakit-Penyakit yang Perlu Diwaspadai pada Musim Hujan

Perubahan cuaca seringkali berdampak pada kesehatan tubuh. Terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Termasuk pada musim-musim hujan seperti ini, tubuh sangat rentan sekali terserang penyakit-penyakit tertentu. Karena itu, kita perlu waspada.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang perlu diwaspadai pada musim penghujan:

Flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang rentan menyerang tubuh pada musim penghujan. Biasanya disertai dengan gejala pusing dan demam. Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus influenza. Pada musim dingin umumnya daya tahan tubuh sedikit berkurang, sehingga virus ini dengan mudah menyerang sistem kekebalan tubuh kita.

Oleh karena itu, memasuki musim penghujan segera perkuat sistem imun kita. Caranya mudah saja, makan makanan bergizi, perbanyak mengkonsumsi vitamin dan minum air putih. Vitamin C sangat bagus untuk memperkuat sistem imun.

Batuk

Batuk juga sering menyerang pada musim hujan. Terkadang disertai dengan flu, dan demam. Secara alami gejala batuk ini tidak lama. Biasanya tidak sampai satu minggu batuk akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika Anda sudah terbiasa minum obat-obatan kimia biasanya proses penyembuhan lebih lama. Pemberian obat-obatan kimia terus menerus cenderung menyebabkan tubuh resisten dengan obat-obatan tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda terserang batuk utamakan mengobati dengan obat-obatan herbal. Berikut adalah beberapa ramuan tradisional untuk mengobati batuk:

Ramuan 1

Bahan-bahan:
2 buah rimpang kencur sebesar ibu jari
Garam secukupnya

Cara membuat:
Parut rimpang kencur hingga halus, tambahkan satu cangkir air panas. Peras kemudian saring air perasannya. Tambahkan garam secukupnya, aduk kemudian diminum.

Ramuan 2

Bahan-bahan:
1 buah rimpang kencur sebesar ibu jari.

Cara membuat:
Bersihkan rimpang kencur dengan cara mengikis kulit arinya. Setelah itu, rimpang kencur dikunyah, airnya ditelan sementara ampasnya dibuang. Kunyah rimpang kencur ini secara rutin setiap pagi.

Masuk Angin

Cuaca yang dingin sangat berpotensi menyebabkan tubuh mudah masuk angin. Karena itu, selalu sediakan jaket, syal, baju dingin dan sejenisnya yang dapat melindungi tubuh Anda dari udara dingin. Hindari terlalu lama berada di bawah hujan, karena hal itu rentan menyebabkan tubuh terserang berbagai penyakit di atas.

Konsumsi minuman penghangat tubuh di saat cuaca dingin, dapat membantu agar suhu tubuh tetap stabil. Karena itu sediakan selalu stok minuman penghangat badan seperti wedang jahe, teh panas, wedang ronde, dan sejenisnya.

Untuk mengobati masuk angin bisa digunakan ramuan rimpang kencur. Caranya bersihkan satu rimpang kencur dengan cara mengulitinya. Kunyah kencur dengan garam secukupnya, kemudian minum segelas air putih. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Demikian beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pada musim penghujan. Semoga informasi ini bisa menjadi pengingat bagi kita semua agar lebih siaga memasuki musim penghujan.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :