Rabu, 23 Januari 2013

Rubrik Media yang Menerima Tulisan dari Pembaca

Media cetak dan media online umumnya memberi ruang bagi para pembacanya untuk ikut menulis. Biasanya ada beberapa rubrik yang memang dikhususkan bagi pembaca yang mengirimkan tulisannya pada media tersebut. Meskipun sebenarnya tidak menutup kemungkinan juga pembaca menulis untuk rubrik-rubrik lain yang menjadi lahan garapan wartawan dan redaksi media tersebut. Semua kembali pada kebijakan media khususnya redaksi yang menangani rubrik yang bersangkutan.

Jika Anda tertarik untuk mengirim tulisan ke media, berikut adalah gambaran rubrik yang menerima tulisan pembaca:

  • Surat pembaca
    Surat pembaca adalah ruang yang khusus disediakan untuk pembaca. Pembaca diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan kritik, saran, pertanyaan, uneg-uneg, info atau hal-hal lain yang ingin disampaikan baik pada pihak media atau pun pembaca. Rubrik surat pembaca biasanya menempati halaman-halaman awal media masa.

    Surat pembaca juga merupakan media interaksi antara pembaca, media dan pembaca lainnya. Menulis di rubrik ini tidak ada aturan dan tema yang khusus. Siapa pun bisa menulis, sehingga rubrik ini bisa menjadi ajang latihan bagi calon penulis untuk menulis yang lebih serius di media.

  • Opini
    Rubrik opini adalah ruang yang disediakan bagi pembaca untuk menyampaikan opininya tentang suatu permasalahan yang sedang aktual. Opini tersebut disampaikan dalam bentuk tulisan artikel yang menarik dari sudut pandang penulis. Panjang tulisan biasanya dibatasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di media tersebut.

    Rubrik ini banyak disenangi oleh para akademisi, politisi sebagai ajang untuk menyampaikan opini dan pemikiran mereka pada masyarakat. Namun tidak sedikit juga tulisan penulis umum yang berhasil dipublikasikan di rubrik ini. Rubrik opini menjadi ruang yang sangat dikejar oleh para penulis. Karena selain bisa menyampaikan opini pribadi, media juga menyediakan honor yang memadai untuk setiap tulisan yang dimuat.

  • Cerpen
    Rubrik cerpen juga menerima tulisan dari pembaca. Rubrik ini biasanya banyak ditemukan di majalah-majalah. Untuk media cetak seperti koran harian rubrik cerpen tetap ada namun sangat terbatas. Biasanya setiap hari hanya memuat satu cerpen, bahkan ada media yang menampilkan rubrik cerpennya hanya satu kali per minggu.

    Media juga menyediakan honor yang layak untuk setiap cerpen yang dimuat.

  • Puisi
    Seperti halnya cerpen, media juga menerima tulisan fiksi yang satu ini untuk mengisi halaman-halaman hiburan atau senggang. Namun, tidak semua media menyediakan ruang untuk rubrik puisi. Jika ingin mengirim puisi sebaiknya Anda memilih majalah-majalah sastra atau majalah remaja yang isinya memang lebih dominan tulisan fiksi. Feature Perjalanan

  • Rubrik khusus sesuai dengan kebijakan media
    Pada beberapa media biasanya menyediakan rubrik khusus sesuai dengan kebijakan media tersebut. Bentuk tulisan yang diterima bermacam-macam. Ada yang dalam bentuk tips, true story, essay, opini singkat dan sejenisnya.

    Sebagai contoh majalah UMMI menyediakan rubrik ‘Dunia Wanita’ yang memberi kesempatan pada pembaca untuk mengirimkan tulisan inspiratif dan solutif tentang serba serbi dunia wanita. Atau rubrik gado-gado pada majalah femina, kisah sejati pada beberapa majalah islam, rubrik ‘kritik sastra’ pada majalah sastra dan sebagainya. Di koran Republika juga ada rubrik yang sangat populer di kalangan penulis yaitu rubrik feature perjalanan.

    Media umumnya juga memberi honor pada setiap tulisan yang terbit di rubrik ini.

Nama rubrik di atas diambil berdasarkan nama yang umum digunakan di media massa. Dan nama tersebut tidak baku, bisa saja berbeda antara satu media dengan median lain.

Nah, jika Anda tertarik menulis untuk media. Segera miliki media cetak yang ingin di tuju atau kunjungi media online yang di lirik. Lihat rubrik apa saja yang bisa menerima tulisan Anda. Pelajari karakter media tersebut dan mulailah menulis!

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :