Rabu, 02 Januari 2013

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Liburan panjang ini tentu sangat menyenangkan jika diisi dengan bertamasya ke tempat-tempat yang baru bukan? Mungkin dengan mengunjungi objek wisata di luar kota atau bahkan luar Provinsi yang belum pernah dikunjungi? Perjalanan melintasi berbagai daerah dengan beragam keindahan alam dan budaya tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan.

Sayangnya, pada sebagian orang perjalanan dengan kendaraan tidak selalu menjadi pilihan yang menyenangkan. Mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan menjadi hal yang dapat merusak kesenangan dalam menikmati keindahan perjalanan. Bahkan bagi sebagian orang, pengaruh dari mabuk perjalanan bisa menyebabkan ketidaknyamanan psikis dan psikologis selama berhari-hari selama perjalanan dan setelah melewati perjalanan.

Nah, Anda tentu tidak ingin kehilangan momen-momen indah dalam perjalanan liburan ini bukan? Berikut ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan:

  • Lakukan afirmasi positif
    Ya, lakukan afirmasi positif pada diri Anda terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dan dalam perjalanan. Yakinkan diri Anda bahwa Anda sehat, kuat dan perjalanan dengan kendaraan ini akan sangat menyenangkan. Ucapkan sugesti-sugesti positif pada diri Anda, bahwa akan sangat menyenangkan seandainya perjalanan ini dilewatkan tanpa mabuk. Jika hati dan pikiran Anda sudah dipenuhi dengan keyakinan positif bahwa Anda sehat, kuat dan menyenangi perjalanan dengan kendaraan ini, maka kondisi fisik Anda akan ikut memberikan respon positif. Dan demikian juga sebaliknya.

  • Pilih posisi tempat duduk yang nyaman
    Posisi duduk dalam kendaraan juga sangat berpengaruh dengan kenyamanan kita. Biasanya, posisi duduk di belakang jauh lebih berpotensi menyebabkan mabuk. Karena, goncangan biasanya lebih kuat di bagian belakang kendaraan dari pada di depan. Karena itu, biasanya mereka yang rentan mengalami mabuk kendaraan selalu disarankan untuk duduk di posisi paling depan.

  • Cari teman yang bisa diajak ngobrol.
    Tips lain untuk mengusir mabuk perjalanan adalah cari atau ajak teman yang ada di samping Anda untuk ngobrol. Aktivitas ngobrol ini bisa menjaga syaraf otak kita tetap segar.

  • Konsumsi ubi jalar mentah sebelum naik kendaraan.
    Secara tradisional, orang-orang tua di desa menyarankan agar mengkonsumsi ubi jalar atau ketela rambat mentah sebelum naik kendaraan.

  • Minum obat anti mabuk.
    Ada baiknya lima belas menit sebelum naik kendaraan Anda mengkonsumsi pil (obat) anti mabuk. Obat ini bisa Anda peroleh dengan mudah di apotek-apotek obat atau warung-warung kelontong. Namun perlu diingat, obat anti mabuk ini menimbulkan efek ngantuk selama dalam perjalanan.


Nah, demikian beberapa tips ringan yang dapat Anda terapkan untuk mencegah mabuk perjalanan, khususnya perjalanan darat. Semoga liburan Anda menyenangkan, terhindar dari mabuk perjalanan. Dan kembali menekuni aktivitas rutin dengan kondisi fresh penuh semangat.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :