Selasa, 22 Januari 2013

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Mengendarai Sepeda Motor

Pernah merasa ngantuk berat saat berada di atas kendaraan? Bagi mereka yang terpaksa harus menaiki kendaraan dalam jarak yang sangat jauh, mungkin pernah mengalami ini. Jika rasa ngantuk berat ini mendera saat Anda mengendarai kendaraan, ini tentu saja sangat berbahaya. Tidak hanya bagi keselamatan Anda sebagai pengendara, akan tetapi juga mengancam keselamatan orang lain. Sudah sangat banyak kasus kecelakaan terjadi karena pengendaranya dalam kondisi lelah dan mengantuk. Oleh karena itu, Sebagai pengendara khususnya pengendara sepeda motor Anda perlu mewaspadai kondisi ini. Jangan sampai membahayakan keselamatan diri dan orang lain hanya karena memaksakan diri mengendarai kendaraan dalam kondisi lelah dan mengantuk.

Namun terkadang rasa ngantuk saat menempuh perjalanan jauh itu tidak bisa dihindari. Rasa ngantuk ini timbul karena beberapa faktor, yaitu: kelelahan, kurang tidur sebelumnya, rasa bosan dan pengaruh gerakan kendaraan. Oleh karena itu, sebagai pengendara yang cerdas Anda harus bisa menyiasati kondisi ini. Bagaimana caranya?

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mencegah dan menghilangkan rasa ngantuk saat mengendarai sepeda motor:

a. Istirahat sejenak

Jika rasa ngantuk sangat berat, jangan ngotot untuk mengendarai sepeda motor. Karena hal tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan Anda dan orang lain. Ada baiknya Anda sejenak berhenti untuk istirahat. Gerakkan badan Anda yang mulai terasa kaku karena terlalu lama duduk di atas motor. Jika perlu segarkan kondisi tubuh Anda dengan mencuci muka, makan atau minum di rumah makan.

Selain itu, saat berhenti tersebut Anda juga bisa menelepon teman atau saudara. Biasanya setelah berbicara melalui telepon rasa ngantuk akan hilang.

Jika rasa lelah dan ngantuk mulai berkurang, dan tubuh sudah terasa segar, silakan kembali untuk melanjutkan perjalanan Anda.

b. Ajak teman yang dibonceng untuk ngobrol

Bisanya rasa ngantuk muncul karena Anda terlalu bosan dan sunyi dalam perjalanan. Oleh karena itu hindari menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor sendirian. Sebaiknya ajak teman, sehingga Anda punya teman yang bisa diajak mengobrol.

Namun pastikan konsentrasi Anda tetap fokus saat mengendarai kendaraan. Jangan sampai terlalu asyik ngobrol malah membuat Anda tidak waspada dalam berkendaraan.

c. Sekali-kali buka kaca helm Anda

Kondisi muka tertutup dengan kaca helm sering membuat mata terasa lelah dan kekurangan udara. Oleh karena itu, sekali-kali buka kaca penutup helm Anda untuk menyegarkan muka. Namun jangan terlalu lama dan sering, karena hal tersebut tidak aman bagi keselamatan pengendara. Buka seperlunya saja, saat Anda membutuhkan udara segar agar tidak terlalu mengantuk.

d. Mengunyah permen karet

Tips lain adalah dengan mengunyah permen karet. Gerakan otot mulut dan sensasi rasa permen karet dapat meningkatkan daya konsentrasi Anda dalam mengendarai kendaraan. Karena itu, selalu kantongi permen karet saat menempuh perjalanan jauh.

Demikian empat tips sederhana menghilangkan rasa ngantuk saat berkendaraan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang terbiasa menempuh perjalanan jauh terutama dengan sepeda motor.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :