Selasa, 08 Januari 2013

Tips Menulis Artikel Layak Jual



Bagi anda yang hobi menulis artikel, tentu pernah menginginkan tulisan anda termuat di media massa. Ada rasa kepuasan tersendiri ketika tulisan anda dibaca banyak orang dan syukur-syukur ada honor yang cukup lumayan dari menulis tersebut. Jika anda penasaran bagaimana syarat tulisan yang layak muat di media massa , ada baiknya anda menyimak terlebih dahulu beberapa tips berikut ini.

1. Judul artikel yang memikat

Bisa saja anda membuat judul yang kontroversi atau bahkan provokatif. Selain itu anda juga bisa menggunakan judul yang sedikit mengandung unsur sastra. Pembuatan judul yang seperti ini tidak lain untuk menarik redaksi agar membacanya. Tidak dipungkiri, ada belasan bahkan puluhan tulisan yang masuk ke meja redaksi tiap harinya. Permainan judul bisa sedikit menarik perhatian redaksi.

2. Faktual dan Aktual

Anda harus menuliskan artikel yang sesuai dengan fakta yang terjadi . Berbeda dengan tulisan fiksi, tulisan non fiksi haruslah berdasarkan realita yang ada, anda tidak berhak menambahi atau menguranginya. Inilah yang disebut faktual.

Begitu juga, anda harus memilih tema-tema sesuai fakta dan kejadian yang baru-baru saja terjadi. Anda menulis untuk koran/media massa harian, sehingga anda harus menyajikan sesuatu yang fresh dan tidak ketinggalan. Biasakanlah segera menuliskan hal-hal yang anda amati di keseharian agar anda terbiasa dengan deadline penulisan.

3. Memakai Bahasa Jurnalistik

Simpelnya, bahasa jurnalistik adalah bahasa-bahasa seperti yang dimuat di koran, yaitu kalimatnya pendek-pendek namun informatif. Bahasanya lugas,sederhana, jelas, dan menarik. Untuk melatih kemampuan anda menulis seperti ini, tentu anda harus rajin membaca surat kabar, tabloid, majalah, dan semacamnya.

4. Ada sesuatu yang baru

Pilihlah tema yang lain daripada yang lain. Redaksi tentu menginginkan tema yang jarang ada. Jika anda akan menulis tema yang sama dengan kebanyakan orang, cobalah cari sesuatu yang beda dari tema serupa. Anda bisa mengangkat hal berbeda dari sisi dan sudut pandang lain. Pakailah sajian yang menarik dan “khas anda” yang akan membuat redaktur terpikat untuk memuatnya.

5. Analisis yang Tajam

Anda harus pintar dalam menganalisis setiap peristiwa. Janganlah anda melakukannya dengan setengah-setengah. Tuangkan saja setiap ide dan pendapat yang mengalir di otak anda dalam tulisan. Sebagai alat bantu, anda juga bisa mengutip dari pendapat orang lain/ ahli yang telah dipublikasikan sebelumnya. Misalnya anda sedang menyoroti tentang isu kenaikan BBM. Anda bisa mengutip beberapa pendapat tentang isu tersebut, yang termuat dalam surat kabar beberapa hari terakhir. Namun jangan lupa, anda wajib mencantumkan sumbernya. Karena kalau tidak, anda akan dicap sebagai plagiator.

6. Reaktualisasi Tema

Yaitu mengangkat kembali tema-tema yang pernah terjadi dan biasanya berkaitan dengan momentum sejarah, semisal Hari 17 Agustus, Hari Kartini, Hari Kebangkitan Nasional, dan lain sebagainya. Mulailah tulisan anda dengan mengenang kembali momentum di masa lalu. Misalnya saja momentum 17 Agustus. Anda tuliskan tentang heroiknya para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang kemudian anda kaitkan dengan momentum kekinian. Contohnya anda kaitkan dengan rasa nasionalisme pemuda saat ini dalam berkarya mengisi kemerdekaan.

Untuk dapat menulis artikel layak jual, sekali lagi saya tekankan bahwa anda harus banyak membaca. Hal ini bertujuan untuk menambah informasi dan pengetahuan yang anda peroleh dan sebagai sarana dalam meningkatkan perbendaharaan kata. Anda jangan berkecil hati kalau tulisan anda belum dimuat di surat kabar, teruslah mencoba dan suatu saat anda akan mendapatkan manfaat dari jerih payah anda. Selamat mencoba.

Oleh : Fajar Restu Wibowo
Sumber:
Putra, Bramma Aji. 2010. Menembus Koran. Yogyakarta : Leutika


Related Posts :