Rabu, 13 Februari 2013

7 Bahasa Tubuh Negatif yang Menghilangkan Pesona Inner Beauty

Dalam berkomunikasi dengan orang lain, kita tidak akan pernah lepas dari komunikasi non verbal yang diperlihatkan oleh lawan bicara kita (Dianata Eka Putra, 2008).

Anda tentu tidak asing lagi dengan istilah inner beauty bukan? Jadi, apa yang dimaksud dengan inner beauty? Inner beauty sering diartikan sebagai kecantikan yang terpancar dari dalam diri. Kecantikan ini akan tampak pada perilaku, bahasa tubuh dan terpancar pada aura wajah.

Salah satu cerminan pesona inner beauty adalah bahasa tubuh positif yang ditampilkan oleh diri kita. Apa yang dimaksud dengan bahasa tubuh? Bahasa tubuh adalah bahasa atau pesan non verbal yang disampaikan melalui gerak-gerik tubuh, perilaku atau raut wajah. Melalui bahasa tubuh lawan bicara bisa memahami apa yang ingin Anda sampaikan atau rasakan.

Oleh karena itu, bahasa tubuh sangat mempengaruhi pesona inner beauty Anda. Bahasa tubuh positif akan meningkatkan pesona inner beauty. Sebaliknya, bahasa tubuh negatif akan menghilangkan pesona inner beauty.

Pertanyaannya kemudian adalah seperti apa bahasa tubuh negatif tersebut? Berikut adalah beberapa contoh bahasa tubuh negatif yang dapat menghilangkan pesona inner beauty:

1. Memain-mainkan jari atau benda saat berkomunikasi dengan lawan bicara

Memain-mainkan sesuatu di depan lawan bicara memberikan pesan bahwa Anda sedang bosan, gugup dan ingin mengakhiri pembicaraan. Hal ini memberikan kesan tidak nyaman pada orang yang berbicara dengan Anda. Tahukah Anda, sikap tersebut dapat menurunkan 50% pesona kecantikan Anda di depan lawan bicara Anda.

2. Menggigit jari atau benda lain

Hal ini juga sering dilakukan oleh wanita ketika sedang bosan atau gugup. Namun perlu diingat, ini bukan pilihan sikap yang cantik. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Terutama ketika Anda sedang berbicara atau memperhatikan pembicaraan orang lain.

3. Tidak memperhatikan lawan bicara

Bentuk perhatian terhadap lawan bicara adalah ketika Anda memperhatikan apa yang disampaikannya. Ketika Anda bersikap tidak acuh, atau justru melihat ke sana ke mari saat lawan bicara Anda berbicara sesungguhnya Anda sedang menunjukkan sikap yang tidak cantik. Karena itu, jangan pernah mengacuhkan lawan bicara Anda. Karena Anda pun tidak ingin diacuhkan bukan?

4. Cemberut

Cemberut bisa memperburuk ekspresi wajah dan meredupkan pesona kecantikan di wajah Anda. Jika dilakukan terus menerus akan membentuk garis wajah yang tidak menyenangkan. Karena itu, jangan hilangkan pesona keindahan wajah dengan ekspresi wajah cemberut.

5. Mencibir

Mencibir merupakan ungkapan non verbal yang menyampaikan pesan bahwa Anda meremehkan sesuatu yang Anda cibir. Sikap ini akan menunjukkan citra negatif pada diri Anda.

6. Berkacak pinggang

Pernah melihat orang berkacak pinggang? Menyebalkan bukan? Demikianlah kesan yang tercipta ketika Anda berkacak pinggang. Jauh dari sikap anggun dan kelembutan.

7. Menunjuk dengan dagu

Menunjuk dengan dagu bagi masyarakat timur merupakan bentuk ketidaksenangan.

Demikian tujuh bahasa tubuh negatif yang dapat menghilangkan pesona inner beauty Anda. Tentu saja bahasa tubuh negatif tidak hanya itu. Namun, ketujuh bahasa tubuh negatif di atas merupakan bahasa tubuh yang paling sering ditemui dalam pergaulan sehari-hari. Dengan mengetahui 7 bahasa tubuh negatif ini, semoga kita semua termotivasi untuk menghilangkannya dari diri kita. Agar pesona inner beauty kita terus bersinar.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :