Senin, 25 Februari 2013

Mengenal Beberapa Genre Tulisan

Apa yang dimaksud dengan genre? Genre sederhananya bisa diartikan dengan aliran. Genre tulisan mengacu pada kategori tulisan yang kita pilih. Berikut adalah beberapa contoh genre tulisan yang umum ditemukan dalam dunia literasi:

1. Puisi

Puisi adalah jenis tulisan yang menggabungkan unsur musik dan prosa. Puisi sering digunakan sebagai media untuk menyampaikan perasaan, khayalan, rasa dan emosi baik berbalut metafora atau pun tidak. Tulisan puisi sangat syarat dengan keindahan kata dan gaya bahasa. Setiap kata benar-benar dipilih. Setiap kata terpilih benar-benar syarat makan, dan indah saat pengucapan. Sehingga, tulisan puisi memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya yaitu:
  • Puisi menggunakan sesedikit mungkin kata
  • Biasanya tersusun dalam bait-bait seperti syair lagu atau pantun.
  • Terkadang berima, namun puisi bebas banyak juga yang tidak menggunakan rima. Meskipun demikian, puisi tetap memiliki bunyi dan penyebutan yang menarik ketika dibaca.
  • Umumnya mengandung pesan atau kritikan tersirat yang ingin disampaikan.

2. Novel

Novel adalah sebuah tulisan yang berisi cerita panjang yang mempunyai tema, alur cerita, penokohan, dialog , setting dan unsur-unsur lain dalam tulisan fiksi. Novel umumnya lebih panjang dan memiliki beberapa alur cerita cabang di samping alur cerita utama.

3. Cerita Pendek

Sebagaimana namanya, cerita pendek umumnya hanya terdiri atas beberapa halaman. Umumnya hanya memiliki alur cerita tunggal.

4. Esai

Esai adalah tulisan atau artikel yang membahas sesuatu atau subjek permasalahan dengan sudut pandang pribadi. Esai termasuk jenis tulisan non fiksi yang bisa membahas apa saja. Misalnya tentang hutan, masalah banjir dan lain-lain. Dalam tulisan esai, seorang penulis berusaha untuk meyakinkan pembaca agar bisa menerima isi, pemikiran atau sudut pandang penulis.

5. Fiksi Ilmiah

Fiksi ilmiah adalah tulisan fiksi yang diangkat berdasarkan fakta-fakta dan data-data ilmiah. Sehingga, melalui tulisan fiksi ini pembaca mendapatkan pengetahuan-pengetahuan ilmiah baru yang menarik. Untuk itu, dalam penulisan fiksi ilmiah ini harus didasarkan pada hasil penelitian ilmiah atau penemuan-penemuan ilmiah terbaru.

6. Non Fiksi Sastra

Non fiksi sastra adalah tulisan non fiksi seperti yang disampaikan dengan gaya bercerita, sehingga terkesan lebih santai dan menarik. Contoh tulisan yang termasuk dalam jenis ini adalah biografi, autobiografi, catatan harian, artikel feature, artikel perjalanan dan sebagainya. Meski disampaikan dengan gaya bahasa sastra tulisan tetap didasarkan pada kebenaran atau fakta yang ada.

7. Misteri

Cerita misteri biasanya disampaikan dalam bentuk novel, cerpen atau sandiwara. Biasanya mengangkat tentang kisah kejahatan atau cerita yang sulit dipecahkan, agak membingungkan dan cenderung membuat pembaca penasaran. Biasanya sepanjang cerita pembaca diajak berfikir dengan beberapa petunjuk kecil. Namun tidak jarang juga pembaca dikejutkan dengan akhir cerita yang tidak terduga.

Oleh : Neti Suriana
Sumber:
Mirriam-Goldberg, C. 2003. Daripada Bete Nulis Aja! Kaifa. Bandung


Related Posts :