Selasa, 19 Februari 2013

Resep Teh Kecantikan

Mencegah Jerawat

Teh memang daun ajaib. Bahkan ketika hanya tinggal berupa ampas, ia bisa digunakan sebagai scrub untuk mencegah timbulnya jerawat. Ampas teh yang mengandung polyfenol bisa menghambat pembentukan asam lemak sehingga mencegah kandungan minyak berlebih dan mencegah iritasi.

Resep

  • 2 sendok makan teh
  • 100 ml air hangat

Cara membuat

  • Dua sendok teh dimasukkan ke dalam cangkir. Disiram dengan air hangat kira-kira 100 ml. kemudian teh disaring. Airnya bisa diminum, sedangkan ampasnya digunakan untuk scrub. Usapkan ampas ke seluruh wajah. Diamkan beberapa saat, sekitar 15 menit lalu bilas. Wajah akan terasa lebih segar. Pemakaian teratur bisa membuat wajah tampak selalu bersih. Lebih baik digunakan pada saat malam hari menjelang tidur. Agar polifenol bisa bekerja optimal saat tubuh sedang beristirahat.

Catatan : Sebaiknya jangan menggunakan teh basi. Hal ini untuk menghindari terjadinya kontaminasi oleh bakteri.

Menghaluskan kulit

Resep

  • 4 sendok makan teh
  • Air panas secukupnya

Cara membuat

  • Masukkan teh ke dalam wadah. Lalu siram dengan air panas. Diamkan beberapa saat hingga teh larut. Setelah disaring , airnya bisa diminum. Ampas teh bisa digunakan untuk scrub, diusapkan ke tangan, kaki dan bagian tubuh lain. Biarkan beberapa saat, sekitar 5-10 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Kandungan antioksidan dalam teh akan meresap dan membantu mencegah proses oksidasi radikal bebas. Dengan begitu berarti memperlambat proses penuaan. Efeknya, kulit jadi halus dan bersih.

Keindahan rambut

Resep

  • 3 sendok makan teh
  • 200 ml air hangat

Cara membuat

  • Masukkan teh ke dalam cangkir atau gelas. Lalu siram dengan air hangat kira-kira 200 ml. basahi rambut terlebih dahulu dengan air hangat. Air teh dimasukkan ke rambut secara merata. Ampasnya juga bisa digunakan sekaligus, namun sebaiknya tidak terlalu banyak agar tidak kesulitan saat membersihkan nanti. Saat pemakaian bisa sambil memijat kepala. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas. Saat membilas bisa bersama keramas dengan menggunakan sampo. Bisa juga dilanjutkan dengan pemakaian conditioner. Tak perlu risau polyfenol ikut terbilas, sebab saat didiamkan ia sudah meresap ke sulit kepala. Cara ini bisa mencegah kerontokan rambut. Polifenol sangat berguna untuk memperkuat akar rambut.

Relaksasi mata

Teh celup bisa digunakan untuk kompres mata. Caranya adalah teh celup yang sudah diambil sarinya untuk minuman lebih baik jangan buru-buru dibuang. Setelah diseduh dengan air panas, ambil ampasnya. Tunggu sampai agak hangat, lalu letakkan di pelupuk mata. Dijamin mata jadi bisa lebih rileks.

Oleh : Ryusai
Sumber:
Khasiat Teh untuk Kesehatan dan kecantikan. Tim redaksi Kompas Gramedia. Majalah Flona. Jakarta. 2008


Related Posts :