Rabu, 06 Maret 2013

Apa Manfaat Menulis Bagiku?

“Bila mengingat-ingat berbagai manfaat menulis yang telah saya dapatkan, saya tersadar bahwa tak ada kata yang tepat untuk menggambarkan rasa syukur saya. Menulis sangat bermanfaat bagi saya, khususnya pada masa remaja saya yang heboh. Hanya dengan duduk di sudut dan menuliskan catatan, ternyata mendatangkan ilham dan membangkitkan semangat untuk melewati masa-masa sulit, dan membuktikan bahwa saya memiliki sesuatu untuk diberikan pada dunia.” (Caryn Mirriam-Goldberg, Ph.D.)

Jika Caryn Mrriam-Goldberg, telah menemukan begitu banyak manfaat kegiatan menulis yang ia tekuni semenjak remaja. Bagaimana dengan kita?

Mengetahui manfaat menulis bagi diri sendiri sangatlah penting. Ia bisa menjadi dorongan, motivasi terkuat dari dalam diri sendiri untuk terus menulis dan menghasilkan karya. Ini juga yang di ajarkan oleh Hernowo Hasyim dalam teori mengikat maknanya yaitu rumus AMBAK (Apa Manfaatnya Bagiku). Menurut Hernowo Hasyim langkah pertama untuk memulai menulis adalah dengan mengetahui apa manfaatnya kegiatan menulis yang akan kita lakukan. Gali dan tulis AMBAK tersebut, maka hal itu akan menjadi pembuka sekaligus memperlancar aktivitas menulis kita nantinya.

Nah, yuk temukan manfaat menulis bagi diri, agar kegiatan menulis menjadi lebih bersemangat lagi:

1. Menulis membantu mengenali diri sendiri

Ketika menggoreskan pena di selembar kertas atau menekan tuts-tuts keyboard komputer merangkai kata demi kata di layar MS Word sebenarnya kita sedang menggali apa yang ada dalam pikiran kita. Menggali sejauh mana pengetahuan kita tentang sebuah topik yang sedang ditulis. Mengungkapkan ide dan pendapat kita tentang hal yang sedang dibahas. Proses ini secara tidak langsung akan membantu diri kita untuk mengenali lebih jauh diri sendiri khususnya dalam hal pemikiran.

2. Menulis mampu memperbaiki kemampuan olah kata dalam berbicara

Dalam menulis kita memiliki kesempatan untuk terus menerus untuk membuat kalimat, memilih kata yang tepat. Dan terus menerus kita akan berproses memperbaiki diksi, struktur kalimat sehingga terasa lebih enak dibaca dan didengar. Secara tidak langsung sebenarnya kita juga sedang belajar memperbaiki olah kata dalam berbicara, sehingga kemampuan retorika kita lebih baik.

3. Menulis itu melegakan

Menuliskan semua perasaan negatif yang terpendam, adalah cara terbaik untuk menumpahkan dan mengeluarkannya dari diri kita. Sehingga perasaan kita menjadi lebih lega dan nyaman. Menulis adalah sarana terapi jiwa yang efektif.

4. Menulis merangsang otak untuk berpikir

Menulis apa pun pasti akan memaksa otak dan pikiranmu untuk berpikir dan bekerja. Ini adalah metode termudah dan menyenangkan untuk mengaktifkan dan melatih otak untuk terus aktif berpikir. Karena, otak tidak ubahnya seperti otot. Semakin sering digunakan maka ia akan semakin sehat dan berisi.

5. Menulis memfasilitasi diri untuk berbagi pemikiran ke seluruh dunia

Dengan menulis, menyampaikan ide dan dipublikasi di media-media online maupun media cetak, sebenarnya kita sedang berbagi ide dengan dunia. Teruslah menulis, publikasikan dan biarkan ia menemukan pembacanya sendiri secara natural.

Nah, bagaimana manfaat menulis bagimu? Yuk berbagi.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :