Jumat, 01 Maret 2013

Cantik Dengan Air Wudlu

Mempercantik diri bagi sebagian wanita sangatlah penting, bahkan mereka rela merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah hanya untuk mempercantik diri. Mereka rela berada di salon selama berjam-jam bahkan ada juga yang melakukan operasi plastik pada bagian-bagian tertentu seperti operasi wajah, hidung, bibir hingga ke luar negeri hanya karena ingin ‘cantik’. Tuhan sudah mengatur sedemikian rupa fisik kita dengan sebaik mungkin, tidak perlu lagi kita mengubahnya, yang harus kita lakukan hanyalah mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan pada kita. Sungguh disayangkan sekali, padahal cantik itu tidak perlu mahal. Perlu kita ketahui bahwa cantik di hadapan Tuhan itu bukan terletak pada wajah akan tetapi terletak dari dalam hati karena pada dasarnya semua wanita itu cantik, hanya saja tidak semua budi pekerti mereka pun demikian. Sesungguhnya kecantikan di dalam (hati) dengan sendirinya akan terpancar keluar. Bukankah begitu?

Menjaga penampilan memang boleh-boleh saja tidak ada yang melarang. Namun jika dilihat dari sudut pandang saya pribadi, banyak yang salah kaprah dengan arti cantik itu sendiri. Misalnya saja banyak wanita yang bersolek berlebihan. Dengan berbagai macam alat kecantikan dimulai dari pemutih, pelembab, pencuci wajah, bedak, lipstik, body lotion, entah masih banyak lagi. Padahal untuk menjadi cantik itu dapat ditempuh dengan cara yang sangat sederhana saja yaitu dengan berwudlu.

"Wudhu bukanlah sesuatu yang sederhana dalam kehidupan seorang Muslim, karena ia selalu membuatnya berenergi dan bercahaya ." (Syaikh Ibrahim An Nu'aimi)

Air wudlu yang membasuh sebagian anggota tubuh kita sudah cukup untuk membuat kita tampak cantik luar dalam. Kesannya lebih natural dan bercahaya, karena pancaran kecantikannya langsung dari Tuhan. Bahkan dengan berwudlu, tidak hanya dapat menghapus noda-noda pada wajah kita, bahkan dapat pula menggugurkan dosa-dosa kita. Misalnya saja ketika seharian kita disibukkan dengan berbagai macam aktivitas atau saat bepergian ke mana-mana, wajah akan nampak terlihat kusam karena lelah. Kebetulan pada waktu itu sudah tiba waktu shalat, kemudian kita bergegas mengambil air wudlu yang dilanjutkan dengan shalat. Setelahnya wajah begitu tampak fresh, segar. Lain halnya jika sekedar mencuci muka biasa dan hanya kembali dipoles dengan berbagai kosmetik. Memang terlihat cantik namun masih terasa tidak nyaman. Wajah kita akan jauh terasa lebih nyaman dan bercahaya cukup dengan air wudlu. Tak ada satupun produk kosmetik yang dapat menandingi kilauan pancaran dari air wudlu. Dijelaskan dalam suatu hadis bahwa,

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu’.” (HR. Al Bukhari no. 136 dan Muslim no. 246)

Masih ragu dengan khasiat air wudhu? Cantik karena air wudlu? Ayo siapa yang mau?

Oleh : Aini Nur Latifah


Related Posts :