Kamis, 14 Maret 2013

CARA MENOLONG PENDERITA BERBAGAI MACAM KERACUNAN

Pada umumnya penderita keracunan makanan dapat ditolong dengan memberikan air kelapa atau susu. Satu menit pertama adalah saat paling kritis bagi penderita keracunan. Usahakan agar si penderita dapat muntah, yaitu dengan cara memasukkan jari yang bersih ke dalam kerongkongan si penderita. Tetapi jangan melakukan hal tersebut jika si penderita dalam keadaan pingsan atau bila si penderita keracunan karena: acid (asam kimia), amoniak, sabun, atau bahan minyak seperti bensin.

1. Keracunan Daging atau Ikan Busuk

Daging atau ikan yang sudah mulai membusuk bila dimakan dapat menimbulkan keracunan. Obatnya, santan kelapa yang kental, sedikitnya satu gelas besar lalu diminum. Sesudah itu disusul minum air kelapa muda. Dapat juga ditambahkan bolusalba (kaolin) sebanyak 20 gram pada air kelapa tersebut.

2. Keracunan Jengkol (Jering)

Jengkol mengandung zat asam jengkol yang dapat mengakibatkan keracunan. Peristiwa ini disebut “jengkolan”. Untuk menawarkannya, minumlah air kelapa ijo sebanyak satu gelas minum, yang diberi garam dapur sebesar biji kacang ijo. Minumlah sedikit demi sedikit. Satu hari satu kali minum.

3. Keracunan Tempe Bongkrek

Tempe bongkrek sering mengakibatkan keracunan yang disebabkan bakteri bongkrek. Untuk menawarkannya yaitu dengan kelapa yang telah cukup tua separuh, diparut dan diberi air masak satu cangkir, kemudian diperas dan disaring lalu diminum. Sesudah itu lalu minum air kelapa ijo satu gelas.

4. Keracunan Udang

Udang juga dapat mengakibatkan mabuk. Sebagai obat penawarnya: dengan kelapa ijo satu buah, diambil airnya, untuk diminumi setelah si penderita dapat muntah. Agar lekas muntah, gunakan telur dikocok lalu diminum sampai kenyang. Boleh juga minum susu tapi mentah.

5. Keracunan Jamur

Jamur juga dapat menimbulkan keracunan. Obat penawarnya adalah telur ayam satu butir dikocok lalu diminumkan kepada si penderita agar lekas muntah. Setelah itu si penderita diberi minum santan kental atau air kelapa ijo satu gelas.

6. Keracunan Warangan

Keracunan karena warangan dapat pula ditolong dengan minum air kelapa ijo, supaya racun yang telah tertelan dapat ditawarkan. Perlu diusahakan agar supaya si penderita dapat muntah.

7. Keracunan Pestisida

Penderita keracunan pestisida dapat ditolong dengan diberi minum air kelapa ijo yang diberi garam dapur sedikit. Sebelumnya diusahakan agar si penderita dapat muntah, dengan jalan memasukkan jari yang bersih ke dalam mulut bagian belakang.

8. Keracunan Singkong

Singkong jenis Sao Pedro Petro (SPP) yang terkenal dengan sebutan singkong “estepe”, gadung dan kara, terutama kara bengkuk bisa membuat keracunan. Minumlah banyak – banyak air kelapa ijo yang diberi garam dapur sedikit. Ada juga yang memberi campuran bukan garam dapur, melainkan pula aren atau gula kelapa.

Oleh : Nur Rokhanah
Referensi: Gayo, Iwan. 2002. Buku Pintar Seri Senior. Jakarta: Pustaka Warga Negara


Related Posts :