Senin, 18 Maret 2013

Manfaat Menulis Resensi

Beberapa media online dan media cetak saat ini banyak menerima tulisan-tulisan resensi. Seperti surat kabar (biasanya edisi minggu), majalah, tabloid dan beberapa website media online. Ternyata menulis resensi itu sangat menyenangkan. Karena banyak manfaat yang kita peroleh dari kegiatan ini, baik dari sisi materi maupun non materi.

Nah, dalam tulisan ini kita akan membahas manfaat menulis resensi. Berikut adalah beberapa manfaat menulis resensi, yaitu:

a. Mengikat ilmu yang diperoleh dari membaca

Kemampuan daya ingat manusia sangat terbatas. Apa yang dibaca, belum tentu bisa diingatnya dalam jangka waktu yang lama. Apalagi tema bacaan yang sama jarang ditemukan dalam bacaan atau pembicaraan di waktu lain.

Nah, agar apa yang kita baca bertahan dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya apa yang kita pahami dari bacaan tersebut dituliskan. Sebagaimana nasehat Imam Ali bahwa ilmu itu lebih liar dari pada binatang buruan. Oleh karena itu, ikatlah ia dengan tulisan.

Menulis resensi adalah salah satu sarana paling efektif untuk mengikat ilmu yang kita peroleh dari buku yang kita baca atau film yang kita tonton. Apalagi, ketika menulis resensi kita tidak hanya menuliskan tentang isi buku, akan tetapi juga menilai buku secara keseluruhan.

b. Mempelajari kelebihan dan kekurangan sebuah buku

Seperti disebutkan sebelumnya, dalam menulis resensi kita tidak hanya menulis tentang isi buku. Akan tetapi juga memberikan pendapat tentang apa dan bagaimana buku yang kita baca secara keseluruhan. Memberikan penilaian secara objektif. Membandingkan dengan buku lain yang sejenis. Sehingga, kita bisa menilai kelebihan dan kekurangan buku tersebut.

Jika kita seorang penulis, mengetahui kelebihan dan kekurangan buku sangat bermanfaat sebagai modal untuk merancang naskah buku selanjutnya.

c. Cara mudah mengoleksi buku-buku terbaru secara gratis

Asyiknya menulis resensi adalah kita bisa mengoleksi buku-buku baru dengan gratis. Bagaimana caranya? Jika resensi yang kita tulis dimuat di media massa, kita bisa mengirimkan bukti terbitnya ke penerbit. Biasanya penerbit akan memberikan hadiah berupa buku-buku terbitan terbaru dari mereka. Nah, itu artinya kita harus meresensi buku-buku hadiah tersebut.

d. Menambah uang saku

Beberapa media massa memberikan honor bagi setiap tulisan resensi yang dimuat. Kisaran honornya sangat beragam. Tergantung kebijakan dari media tersebut. Biasanya berkisar antara 50 ribu hingga 400 ribu rupiah.

e. Menjalin silaturahmi dengan penulis

Hal lain yang menyenangkan dari kegiatan menulis resensi adalah kita bisa menjalin silaturahmi dengan penulis dari berbagai daerah. Kita cukup menawarkan diri untuk meresensi buku-buku karya mereka. Atau mengirimkan salah satu bukti resensi yang sudah dimuat di media massa. Maka para penulis tersebut akan dengan senang hati mengirimkan buku-buku karya mereka untuk diresensi.

Nah, ternyata menulis resensi itu sangat menyenangkan dan menghasilkan bukan? Yuk, mulai belajar menulis resensi!

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :