Rabu, 20 Maret 2013

Mengurangi Penggunaan Kertas (1)

Kehadiran kertas telah banyak memberi kemudahan bagi manusia. Terutama terkait fungsinya sebagai media untuk pencatatan, penulisan dan pembuatan dokumen baik formal maupun non formal. Hingga hari ini,setiap hari ribuan bahkan jutaan rim kertas digunakan oleh manusia untuk berbagai aktivitas mereka.

Namun demikian, dewasa ini kampanye untuk mengurangi penggunaan kertas mulai banyak didengungkan. Mengingat, bahan dasar pembuat kertas umumnya adalah serat kayu atau tanaman hutan. Ribuan batang tanaman akasia dan sengon ditumbangkan setiap bulannya untuk memproduksi kertas. Dan ribuan hektar lahan Hutan Tanaman Industri dibangun di berbagai wilayah untuk memenuhi kebutuhan produksi kertas tersebut.

Kita semua tahu, lahan untuk pembangunan Hutan Tanaman Industri semakin terbatas. Sangat sulit bagi perusahaan untuk terus menambah luas lahan setiap tahun untuk memenuhi permintaan kertas yang cenderung meningkat. Mengubah hutan alam menjadi hutan industri bukanlah pilihan yang tepat. Karena hutan alam memiliki fungsi sendiri yang tidak kalah vitalnya untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup.

Karena hingga hari ini belum ditemukan solusi terbaik untuk meningkatkan produksi kertas tanpa harus menambah areal hutan industri, maka sebagai masyarakat pecinta lingkungan tidak ada salahnya kita ikut berpartisipasi mengurangi penggunaan kertas.

Manfaat Mengurangi Penggunaan Kertas

Secara umum ada beberapa manfaat yang diperoleh dari aktivitas pengurangan kertas, yaitu:

a. Mengurangi timbunan sampah yang sulit terurai

Kertas adalah jenis sampah semi organik, yang cenderung tidak bisa terurai dengan cepat. Ia membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk bisa terurai sempurna dibandingkan dengan sampah organik pada umumnya. Oleh karena itu, dengan mengurangi penggunaan kertas berarti secara tidak langsung kita sudah mengurangi timbunan sampah yang sulit terurai oleh dekomposer alami.

b. Mendukung gerakan Go Green

Mengurangi penggunaan kertas, berarti kita sudah ikut mengurangi penggunaan produk hutan industri setiap waktunya. Meskipun mungkin yang kita kurangi tidak seberapa, namun jika dilakukan terus menerus dan diikuti oleh orang-orang lain yang memiliki kesadaran yang sama maka jumlah tanaman hutan yang ditebang untuk kebutuhan industri kertas dapat dikurangi setiap waktunya. Sehingga, secara tidak langsung kita telah ikut mendukung gerakan Go Green yang dikampanyekan oleh para pecinta lingkungan hidup.

c. Menyelamatkan kelestarian hutan alam

Jika kebutuhan kertas dapat ditekan, maka produksi kertas pun sedemikian rupa akan ikut ditekan. Sehingga, perusahaan kertas tidak perlu membuka areal Hutan Tanaman Industri untuk kebutuhan industri kertasnya. Dan perusahaan-perusahaan industri kertas yang baru tidak perlu bermunculan bak jamur di musim penghujan. Karena kehadiran perusahaan industri kertas yang baru, akan mendorong meningkatnya kebutuhan akan tanaman hutan untuk industri kertas. Ini berarti, akan mendorong pembukaan areal Hutan Tanaman Industri yang baru. Upaya pengurangan penggunaan kertas sangat bermanfaat untuk menyelamatkan hutan alam agar tetap lestari, tanpa harus diubah menjadi hutan homogen oleh perusahaan-perusahaan kehutanan.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :