Selasa, 26 Maret 2013

Tips Menghemat Penggunaan Listrik

Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Semakin banyak aktivitas keseharian dan peralatan di rumah kita yang membutuhkan tenaga listrik. Sementara kemampuan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menyediakan kebutuhan energi listrik untuk seluruh rakyat dan wilayah Indonesia belum memadai. Sehingga, terkadang masyarakat masih harus bersabar dengan kebijakan pemadaman bergilir dari PLN.

Bukan hanya karena alasan keterbatasan energi listrik yang tersedia. Alasan untuk menghemat penggunaan listrik tidak adalah sebagai salah satu akhlak terpuji, untuk menghindari kebiasaan mubazir dalam menggunakan energi listrik. Budaya hemat dalam menggunakan segala sesuatu adalah salah satu bukti bahwa kita mampu mengoptimalkan segala nikmat yang diberikan kepada kita. Termasuk nikmat penerangan listrik. Karena masih banyak daerah lain yang bahkan belum menikmati penerangan listrik secara layak. Berusaha untuk selalu hemat dan efisien dalam menggunakan energi listrik adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt, Tuhan yang Maha pengasih lagi Maha Penyayang.

Manfaat Menghemat Penggunaan Listrik

Banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika kita berkomitmen untuk menghemat penggunaan listrik, diantaranya yaitu:

  • Secara finansial bermanfaat mengurangi beban pengeluaran rutin keluarga.
    Kita semua tau, Tarif Dasar Listrik (TDL) senantiasa mengalami kenaikan setiap tahunnya. Memang kenaikannya tidak besar, namun tetap saja akan menguras pengeluaran rutin bulanan kita lebih dalam dari biasanya. Oleh karena itu, ketika kita membiasakan untuk menghemat penggunaan listrik, maka secara tidak langsung pengeluaran rutin keluarga akan dapat dikurangi.
  • Bermanfaat mengurangi bahaya pemanasan global.
    Polusi yang dikeluarkan oleh proses pembakaran mesin pembangkit listrik merupakan salah satu emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global. Sehingga, menghemat penggunaan listrik merupakan salah satu upaya untuk mengurangi peningkatan suhu atau pemanasan global.
  • Salah satu upaya untuk mendukung gerakan hemat listrik nasional.
    Jika dilihat dari kepentingan negara secara umum, menghemat penggunaan listrik adalah salah satu upaya kecil dari rumah yang memberi dampak besar dalam mendukung gerakan hemat listrik nasional.


Tips Sederhana Menghemat Penggunaan Listrik

Menghemat penggunaan listrik sebenarnya adalah masalah kebiasaan atau perilaku sehari-hari. Menghemat penggunaan listrik sebenarnya sangat sederhana, namun menjadi ketika budaya boros dan lalai dalam menggunakan listrik sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Contoh sederhananya adalah mematikan lampu di siang hari. Terkadang, sebagian dari kita lalai dalam mematikan lampu-lampu tertentu di siang hari.

Secara sederhana ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam menghemat penggunaan listrik. Berikut adalah beberapa tips sederhana dalam menghemat penggunaan listrik:

  • Matikan lampu pada siang hari
  • Matikan lampu kamar dan lampu ruangan yang tidak diperlukan pada saat tidur
  • Tampung air pada tandon air/bak yang memadai agar tidak terlalu sering menghidupkan mesin air.
  • Buka jendela lebar-lebar pada siang hari sehingga pencahayaan ruangan maksimal dan sirkulasi udara dalam ruangan berlangsung baik.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :