Rabu, 17 April 2013

Adverb dan Fungsinya

Pengertian Adverb

Salah satu kurikulum bahasa inggris yang diajarkan di sekolah dan kursus bahasa Inggris adalah Adverb. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, adverb diartikan dengan kata keterangan. Sedangkan asal katanya dalam bahasa Inggris, adverb terdiri dari dua suku kata. Yaitu, add dan verb. Sehingga, jika diuraikan dengan konkrit lagi, add to the meaning of the verb (menambah arti kata kerja). Artinya, ia menjadi kata keterangan.

Kata keterangan termasuk yang terpenting di dalam kalimat. Makanya, adverb menjadi salah satu kurikulum bahasa inggris. Kini, adverb telah mengalami perluasan penggunaan. Ia bukan saja menerangkan kata kerja dan kata sifat saja, tapi juga menjelaskan keterangan lainnya.

Jadi, dengan lebih sederhana, Adverb bisa dimaknai dengan kata keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan bagaimana caranya, kapan, atau di mana suatu pekerjaan, tindakan peristiwa dan sebagainya itu dilakukan atau terjadi. Meski kenyataannya adverb lebih sering menerangkan kata depan dan kata sambung.

Fungsi Adverb

Di dalam kurikulum bahasa inggris, fungsi adverb diterangkan untuk menerangkan lima hal.

  1. Menerangkan kata kerja (verb). Contohnya, Anisa speaks English fluently
  2. Menerangkan kata sifat (adjective). Contohnya, Richo is very rich
  3. Menerangkan kata keterangan lainnya. Contohnya, Evi sings very well
  4. Menerangkan kata depan. Contohnya, Bella arrived long before the time
  5. Menerangkan kata sambung. Contohnya, I arrived at home shortly before the rain fell

Bentuk Adverb

Dalam kurikulum bahasa inggris, Adverb memiliki lima bentuk:

  1. Bentuknya mirip sama dengan bentuk adjective. Misalnya, good, enough, fast.
  2. Dibentuk dari kata sifat yang ditambah diakhirnya –ly. Misalnya, happy menjadi happily, tender menjadi tenderly
  3. Dibentuk dengan menambahkan suffiks. Misalnya, long menjadi headlong, sidelong. Contohnya di dalam kalimat, Anita runs headlong into her room
  4. Ada juga adverb yang dibentuk dengan menambahkan prefiks “a” di depan kata kerja, kata sifat maupun kata benda. Misalnya, Drift menjadi adrift, part menjadi apart, way menjadi away
  5. kata yang sifat yang berakhiran “-able, -ble dan –ple” dapat dibentuk menjadi adverb dengan mengganti huruf “e” menjadi huruf “y”. Misalnya, humble menjadi humbly, simple menjadi simply.

Pembagian Adverb

Dalam kurikulum bahasa inggris, adverb terbagi kepada enam bagian.

  1. Adverb of Place
    Adverb atau kata keterangan ini menjelaskan tentang tempat terjadinya perbuatan, tindakan dan peristiwa. Misalnya, Jhonson studies English here
  2. Adverb of Manner
    Adverb ini menjelaskan tentang bagaimana cara pekerjaan itu dikerjakan atau peristiwa itu terjadi. Misalnya, Intan sang beautifully.
  3. Adverb of Time
    Adverb ini menjelaskan keterangan waktu pekerjaan, tindakan dan peristiwa itu terjadi. Misalnya, I am studying English now
  4. Adverb of Frequency
    Adverb ini menjelaskan tentang jumlah atau berapa banyaknya pekerjaan, tindakan dan peristiwa itu dilakukan. Misalnya, Susan always drinks milk.
  5. Adverb of Reason
    Adverb ini menjelaskan yang berfungsi untuk menjawab pertanyaan “why”. Misalnya, he behaved badly and therefore he was punished.

Inilah secara umum kurikulum bahasa inggris mengenai adverb yang dijelaskan di sekolah maupun di lembaga kursus bahasa inggris.

Oleh: Rahmat Hidayat Nasution


Related Posts :