Kamis, 25 April 2013

Masjid-Masjid Terluas Nan Megah di Dunia

Kamu melihat sebuah masjid luas sekali nan megah di kotamu, dan menurutmu ini adalah masjid terbesar di dunia. Hei, jangan salah dulu. Masih banyak masjid lain yang lebih luas nan megah dari masjid kamu lho, hehe..

Yuks, kita intip masjid-masjid yang memang sudah diakui dunia sebagai masjid luas nan megah ini.

Masjidil Haram (Arab Saudi)

Ya, masjid yang terletak di kota Mekkah, Arab Saudi ini menjadi masjid terbesar dan terluas di dunia. Bayangkan saja, masjid yang dibangun pertama kali pada tahun 638 ini memiliki luas 400.800 meter persegi. Pada musim haji tiba, Masjidil Haram bisa menampung hingga 4 juta lebih jamaah. Wah, tidak terbayang betapa luasnya ini masjid.

Masjid ini merupakan salah satu tempat suci umat Islam dan juga pusat arah shalat di dunia. Di tengahnya terdapat Kabah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim AS. Selain itu, ada juga sumur ZamZam yang letaknya tidak terlalu jauh dari Kabah.

Masjid Nabawi (Arab Saudi)

Negara Arab Saudi dapat dikatakan sebagai tempatnya masjid-masjid terluas. Selain mereka memiliki Masjidil haram, mereka masih mempunyai Masjid Nabawi yang sering juga disebut Masjid Nabi. Masjid terbesar kedua di dunia ini terletak di Kota Madinah, Pada masa silam masjid ini merupakan rumah Nabi Muhammad. Setelah beliau wafat, Masjid Nabawi sendiri saat ini memiliki luas area hingga 400-500 meter persegi. Dibangun pada tahun 622, Masjid ini mampu menampung hingga 1 juta jamaah ketika musim haji tiba.

Masjid Reza (Iran)

Di urutan ketiga ada Masjid Imam Reza. Masjid ini merupakan tempat pemakaman Imam Reza, Imam kedelapan dari 12 Imam yang dipercayai oleh penganut Syiah. Masjid ini terletak di Masshad, Iran, dan berkapasitas hingga 700 ribu orang. Masjid ini dibangun pada tahun 818 dan kini memiliki wilayah seluas 598.657 meter persegi. Di tempat ini, juga terdapat Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, dan bangunan-bangunan lainnya.

Masjid Istiqlal (Indonesia)

Kita patut bangga dengan Masjid Istiqlal. Masjid kebanggaan Indonesia ini menjadi salah satu masjid terluas di dunia, tepatnya pada urutan ke empat. Di bangun pada 1978, masjid ini terletak di Jakarta, Indonesia. Masjid Istiqlal sendiri memiliki luas 95 ribu meter persegi dan mampu menampung 120 ribu jamaah. Tentu saja masjid kita ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara.

Jika dihitung dari segi usia, masjid Istiqlal masih berumur sangat belia—apalagi bila dibandingkan dengan ketiga masjid di atas. Masjid ini diarsitekturi oleh Frederich Silaban, seorang arsitek Kristen yang memenangi kompetisi rancangan masjid pada 1955. Nama “Istiqlal” sendiri diambil dari Bahasa Arab yang berarti “Merdeka”.

Masjid Hasan II (Maroko)

Jika di Indonesia memiliki masjid Istiqlal, maka Maroko memiliki masjid Hasan II yang menjadi masjid kebanggaan negara. Masjid ini menduduki urutan kelima. Masjid yang terletak di Kasablanka, Maroko ini dibangun pada 1993 dan memiliki luas lahan hingga 90 ribu meter persegi dengan daya tampung hingga 105 ribu jamaah. Menara masjid ini memiliki tinggi 210 meter dan merupakan menara masjid tertinggi di dunia. Dirancang oleh arsitek Perancis, Michel Pinseau, hampir seluruh bangunan ini terletak di atas permukaan air yang menghadap ke laut Atlantik.

Bagi seorang muslim, masjid sangat besar peranannya. Selain sebagai tempat beribadah, masjid juga dikenal sebagai pusat peradaban Islam dari masa ke masa.

Oleh : Alimuddin Mansu


Related Posts :