Jumat, 19 April 2013

Membuat Data Deret di Microsoft Excel

Bagi orang yang belum berpengalaman menggunakan Microsoft excel terkadang ia masih kebingungan bagaimana membuat data deret yang cepat. Padahal, ia harus cepat menyelesaikan data yang diperlukannya. Ia tidak tahu ada cara cepat yang dapat membantu pekerjaan. Di artikel ini, akan diterangkan bagaimana membuat data deret manual dan otomatis di Microsoft excel.

Pengertian Data Deret

Data deret adalah data yang dibikin secara urut dengan menggunakan interval tertentu yang dapat dilakukan secara otomatis. Misalnya, Anda ingin membuat data deret dari nomor satu hingga seratus di kolom yang ada di Microsoft excel. Jika Anda buat dengan mengetik angka satu tentu saja akan membuat lama dan sangat memungkinkan akan membuat bosan.

Microsoft excel memberikan solusi yang mudah buat Anda untuk membuat data urut. Cara yang diberikan pun sangat mudah. Dengan sekali melihat orang melakukannya, Anda pun otomatis bisa melakukannya. Atau, dengan mengikuti petunjuk membuat data deret di artikel dijamin seratus persen Anda bisa membuat data deret di Microsoft excel.

Membuat Data Deret Manual

Yang paling awal diinformasikan kepada Anda adalah membuat data deret yang manual. Ada enam langkah yang mesti Anda lakukan.
  1. Buka Microsoft excel, ketikkanlah angka 1 di dalam sel.
  2. ketik angka 2 pada sel di bawahnya
  3. Blok kedua angka tersebut.
  4. Arahkan kursor Anda tepat di pojok kanan bawah sel yang tertulis angka dua hingga ia berubah menjadi berbentuk plus
  5. Lalu, Anda klik dan drag ke bawah hingga muncul 3,4 dan seterusnya sampai nomor yang Anda inginkan.
  6. Jika sudah selesai, maka lepaskan klik sel tersebut atau tekan tombol kiri mouse Anda. Setelah itu, Anda akan melihat urutan nomor yang Anda inginkan.


Membuat Data Deret Otomatis

Setelah anda mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat data deret manual, kini Anda belajar bagaimana membuat data deret otomatis. Ada tujuh langkah.
  1. Setelah terbuka Microsoft excel Anda, ketikkan angka 1 di dalam sel
  2. Lihat tabulasi Home, lalu Anda cari ikon Fill dan kliklah.
  3. Setelah terbuka opsi pilihan, anda cari kata series. Setelah ketemu klik
  4. Maka akan muncul jendela series, di pilihan series in Anda bisa memilih, apakah Anda akan menginginkan data yang ditulis otomatis menyamping (row) atau menurun (columns). Jadi, jika anda ingin memilih columns, maka klik columns.
  5. Kemudian pada bagian Step Value masukkan interval angka yang Anda inginkan. Artinya, dari angka berapa Anda ingin mulai diketik otomatis
  6. Pada kolom stop value, anda ketikkan angka terakhir yang Anda inginkan.
  7. Lalu tekanlah OK. Maka Anda akan saksikan di Microsoft Anda tulisan angka yang Anda inginkan tersebut.


Oleh: Rahmat Hidayat Nasution


Related Posts :