Selasa, 09 April 2013

Mengenal Gerund dan Fungsinya

Jika Anda membaca teks bahasa inggris tak jarang Anda akan menemukan kata yang berformula gerund, yaitu verb+ing. Atau saat Anda mengikuti kursus bahasa inggris di mana pun, Anda akan diberikan salah satu materinya berjudul gerund. Nah, dalam artikel ini juga akan mengupas tentang gerund beserta fungsinya.

Antara Gerund dan Present Participle

Mengenal fungsi gerund akan memudahkan Anda dalam memahami teks bahasa inggris. Karena gerund kerap kali ada di dalam tulisan-tulisan berbahasa inggris. Namun, Anda bisa juga terkecoh. Tidak semua formula verb + ing yang di dalam kalimat-kalimat berbahasa inggris adalah gerund. Bisa jadi dia adalah present participle. Karena gerund dan present participle memiliki formula yang sama. Sama-sama dibentuk dari kata verb+ing.

Perbedaannya, kalau present participle harus diartikan dengan kata “sedang”, dan formula verb + ing-nya harus di dahului oleh to be. Selain itu, present participle adalah kata kerja. Sedangkan gerund adalah kata benda, meski asalnya adalah kata kerja. Formula keduanya sama, tapi posisinya berbeda. Untuk lebih jelasnya, di artikel ini akan diuraikan fungsi Gerund.

Fungsi Gerund

Di dalam kalimat bahasa inggris, penggunaan gerund memiliki beragam fungsi. Paling tidak, ada sembilan fungsi Gerund.

  • Berposisi sebagai subjek

    Gerund berposisi sebagai subjek, apabila memenuhi empat syarat berikut ini:
    • Berbentuk kata kerja+ing
    • Terletak di depan predikat
    • Subyek dari kalimat
    • Memiliki arti sebuah benda yang menyatakan subyek dari kalimat
      Contohnya adalah: reading is pleasant (membaca adalah hal yang menyenangkan)

  • Berposisi sebagai objek kata kerja

    Untuk fungsi ini, gerund hanya bisa berlaku pada objek kata kerja tertentu saja. Di antaranya: abhor, acknowledge, advise, bear, begin, cease, consider, defer, delay, enjoy, escape, finish, fear, give up, go on, hate, help, imagine, learn, propose, recommend, start, understand, want.

    Agar lebih jelas, perhatikan contoh penggunaan gerund sebagai objek kata kerja ini. I like swimming, I am so cold that I can’t help shivering.
  • Berposisi sebagai objek kata depan.

    Jika di atas gerund terletak setelah kata kerja, pada fungsi ketiga ini ia terletak setelah kata depan. Artinya, gerund menjadi objek kata depan. Kata-kata depan yang digunakan sebelum gerund adalah, at, after, by, for, about, from, to, of, out, with, before, in, on, dan without. Contohnya dalam kalimat bahasa inggris, they were late in coming, let's keep on working for a while.
  • Digunakan di belakang possessive adjective atau possesive noun. Penggunaan gerund dalam fungsi ini sering ditemukan dalam kalimat-kalimat bahasa inggris. Misalnya, I don’t mind your living here.
  • Difungsikan sebagai pelengkap subjek (subjective complemet)

    Fungsi ini juga banyak terdapat di dalam kalimat-kalimat bahasa inggris. Misalnya, her favorite part time is dancing
  • Berposisi sebagai keterangan tambahan (apposition) dalam kalimat.

    Misalnya, she dislikes her job, dancing in the public
  • Digunakan sebagai penyempurna frase.

    Gerund juga berfungsi untuk menyempurnakan frase. Ada frase yang sering diikuti gerund. Yaitu, it is no…, it is no good…, it is worth… Contohnya dalam kalimat: it’s no use talking to that men, it’s no good hoping for their help, it’s not worth getting angry with her.
  • Digunakan untuk menunjukkan larangan atau peringatan, tapi diletakkan di belakang kata “No…”. Contohnya, no parking!, no smoking!
  • Digunakan untuk memberi sifat pada kata benda. Biasanya, ia memiliki ciri diberi tanda penghubung (-). Contohnya, walking-stick, boiling-point dsb.

Dengan mengenal fungsi gerund ini, Anda tidak akan ragu atau terkecoh, apakah verb+ing tersebut present participle atau gerund? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Oleh: Rahmat Hidayat Nasution


Related Posts :