Senin, 22 April 2013

Motivasi Diri

Tulisan ini dituliskan dari kutipan video Ippho Santosa yang seorang pakar otak kanan, yang menjelaskan betapa pentingnya ‘motivasi diri’ untuk membentuk dan mewujudkan impian yang sudah dibangun dalam resolusi-resolusi menjadi kenyataan. Banyak kendala bagi ummat manusia yang lebih cenderung tergantung dengan motivasi-motivasi yang diberikan oleh orang lain seperti motivator yang didapatkan dari seminar-seminar, para ustadz-ustadz, orang tua, dan atasan perusahaan. Yang kesemuanya ini jika tidak didapatkan akan menimbulkan kelambatan untuk mengaktualisasikan akan mimpi-mimpi. Maka dari pada itu diperlukannya motivasi diri untuk motivasi dalam mencapai kesuksesan kehidupan.

Langkah-langkahnya yang dituliskan merupakan sorotan penting bagi semuanya untuk membaca dan memahaminya sebagai dari keseharian perilaku manusia dalam tindakan-tindakan yang sepertinya terlupakan :

1. Cara berjalan
Pengaruh cara berjalan perlu untuk disimak terutama bagi laki-laki yang cenderung lamban ketika melangkah. Itu memang tidaklah dipermasalahkan tetapi untuk mengubah cara hidup sebagai motivasi diri diperlukan perubahan dengan mengubah cara berjalan yang secara tidak langsung membantu kiat-kiat semangat untuk impian yang begitu besar. Biasanya seperti tadi keseharian selalu berjalan biasa-biasanya saja atau terkesan lamban jika dirubah bisa dengan melangkah cepat dalam berjalan secara tidak langsung menyebabkan tujuan-tujuan menjadi lebih terarah sesuai target yang direncanakan. Ini yang banyak dilakukan oleh orang-orang sukses.

2. Gaya rambut dan warna baju
Perlu diketahui juga untuk mengubah style atau gaya rambut yang biasanya seperti ini perlu dirubah menjadi seperti ini untuk menunjukkan semangat-semangat baru dalam kebosanan gaya rambut yang itu-itu saja. Sama sepertinya warna baju atau jenis baju yang dipakai sehari-sehari. Jika warna baju sering dipakai model kemeja atau kaos bisa dibalik pemakaiannya dengan menimbulkan keserasian dan menghasilkan semangat dalam memotivasi diri dalam mendekatkan tingkat kesuksesan yang direncanakan.

3. Mendengarkan lagu-lagu ngebit
Dijelaskan bahwa lagu termasuk pengaruh motivasi yang merespon pikiran untuk mempengaruhi sifat dalam tindakan keseharian. Jika keseringan lagu didengarkan adalah lagu-lagu lembut, sedih, lirik-lirik yang galau cenderung akan menjadikan perilaku memalas dan sulit untuk kiat dalam mencapai kesuksesan. Berbeda halnya jika diganti dengan lagu-lagu berlirik motivasi, nadanya cepat, cenderung untuk meningkatkan cara pola pikir untuk cepat tanggap dan tidak mudah sedih apalagi bermalas-malasan. Ini juga didukung dari film-film yang dilihat untuk sebaiknya menjauhkan diri dari melihat film-film yang cenderung memperlihatkan kekerasan, pembunuhan, kesedihan yang berlebihan. Jika dapat menghindarkan diri dari itu melihat-lihat atau mendengar hal-hal yang membuat hilang semangat akan menghidupkan semangat-semangat dalam impian yang dirangkai besar.

Sehingga dari langkah-langkah yang dituliskan di atas menjadikan semangat untuk impian dapat dipupuk secara matang dan menjauhkan diri dari sifat-sifat prasangka buruk menjadikan akhirnya sifat pesimistik menghantui diri untuk menghambat diri dalam mencapai tercapainya impian yang di dambakan.

Oleh : Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber : Ippho Santosa, tentang : motivasi diri.


Related Posts :