Senin, 29 April 2013

Pilah-Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi (2)

Pada tulisan sebelumnya sudah diungkapkan hal-hal yang menyebabkan para siswa atau para lulusan sekolah menengah atas bimbang dalam menentukan pilihan jurusan yang akan mereka pilih di Perguruan Tinggi. Nah, pada tulisan ini kita akan mencoba menemukan tips mudah menentukan jurusan yang tepat di Perguruan Tinggi.

Tips Mudah Memilih Jurusan yang Tepat di Perguruan Tinggi

Pertama: Apa impianmu?

Cara termudah untuk menentukan pilihan jurusan yang pertama adalah dengan mengetahui apa sih impianmu? Atau apa sih cita-citamu? Gali kembali keinginan-keinginan terbesar yang ingin dicapai di masa depan! Karena dengan impian-impian dan cita-cita tersebutlah kita bisa mengetahui ke mana sebaiknya melanjutkan studi atau pendidikan. Impian atau cita-cita merupakan tujuan besar yang ingin dicapai. Sementara, jurusan atau jalur pendidikan merupakan salah satu kendaraan yang bisa digunakan untuk mencapai cita-cita tersebut. Nah, bagaimana mungkin kita memilih kendaraan yang tepat jika tidak mengetahui tujuan yang ingin dicapai bukan?

Oleh karena itu, tilik kembali impian kita. Jika saat ini belum memiliki impian, segera buat impian tersebut. Karena, hidup tanpa impian seperti seorang pengelana tanpa tujuan. Hanya akan menghabiskan umur dengan aktivitas-aktivitas kecil dan motivasi rendah. Impianlah salah satu katalisator yang membuat hidup ini terus bergerak dan bergerak penuh semangat.

Kedua: Inventaris minat, hobi dan keahlian.

Minat, hobi dan keahlian adalah tiga hal yang membuat kita dengan sukarela, ringan dan penuh semangat mengerjakan sesuatu. Coba bayangkan jika kita mengerjakan sesuatu yang tidak diminati? Bandingkan dengan ketika mengerjakan pekerjaan yang diminati, pasti beda sensasinya bukan? Seperti halnya minat, hobi dan keahlian juga demikian.

Dengan menginventaris atau mendata minat, hobi dan keahlian yang dimiliki kita akan mengetahui sebenarnya potensi kita itu apa sih? Kita cocoknya menekuni bidang apa? Nah, dengan berbekal informasi ini kita bisa memutuskan untuk memilih jurusan apa dan di mana?

Ketiga: Konsultasi dengan orang dewasa yang paham

Nah, jika sendiri masih tetap belum bisa menentukan pilihan yang tepat, ada baiknya berkonsultasi dengan orang dewasa yang lebih paham. Berkonsultasilah dengan orang tua, guru BP, wali kelas, kakak atau siapa saja yang dianggap bisa memberikan pendapat. Tapi ingat, orang lain hanya bisa memberikan pandangan atau saran pada kita. Pilihan akhirnya tetap kembali pada diri kita sendiri. Kitalah yang harus memutuskan pilihan terbaik untuk masa depan kita, berpijak dari saran dan pandangan mereka.

Keempat: jika perlu ikuti psikotes

Untuk lebih meyakini potensi diri, tidak ada salahnya mengikuti ujian psikotes. Biasanya beberapa lembaga bimbingan belajar menyediakan fasilitas ini dan memberi kesempatan pada peserta didiknya untuk berkonsultasi dengan psikolog yang sengaja mereka undang untuk memberikan layanan konseling.

Demikian beberapa tips mudah menentukan jurusan yang tepat di Perguruan Tinggi. Semoga bermanfaat bagi Anda yang masih bimbang menentukan pilihan jurusan di Perguruan Tinggi nantinya.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :