Jumat, 12 April 2013

Seputar Noun dan Bentuk-Bentuknya

Pengertian Noun

Jika Anda mengikuti kursus maupun pelajaran di kelas, salah satu kurikulum bahasa inggris yang diajarkan kepada Anda adalah noun (kata benda). Pengertian noun yang biasa diajarkan adalah kata yang menunjukkan nama benda, binatang, orang atau sesuatu yang dianggap sebagai benda.

Biasanya, kurikulum bahasa inggris tentang noun yang diajarkan mencakup tentang bentuk, hitungan dan bilangannya. Di dalam artikel ini, ketiga bagian penting yang berkaitan dengan noun tersebut akan dikupas.

Bentuk Noun

Di dalam kurikulum bahasa inggris, pembagian noun berdasarkan bentuknya terbagi kepada dua. yaitu concrete noun dan abstract noun. Untuk concrete noun masih terbagi, sedangkan abstract noun ada cara untuk membentuknya menjadi noun.

Concrete Noun dan Abstract Noun

Concrete noun secara sederhana dipahami dengan kata benda yang berwujud, dapat dilihat dan diraba. Misalnya, Alexa, gold, iron dan sebagainya. Concrete noun terbagi ke dalam empat jenis:

  1. Proper noun

    Yang termasuk dalam proper noun adalah nama-nama orang, kota, negara, sekolah, perusahaan dan nama-nama tempat lainnya. Misalnya, Elisa, Medan, America, Al-Azhar University

  2. Common noun

    Yang termasuk dalam common noun adalah kata benda biasa dan umum. Seperti book, teacher, mountain

  3. Material noun

    Yang termasuk dalam material noun adalah kata benda yang terdiri dari bahan baku atau mentah, seperti gold, silver, oil.

  4. Collective noun

    Yang termasuk dalam collective noun adalah kata benda yang mempunyai arti majemuk. Contohnya, class, committee, division

Sedangkan abstract noun adalah kata benda yang tak dapat dilihat atau diraba, tetapi dapat dibayangkan. Contohnya wisdom, wealth, friendship. Abstract noun dapat dibentuk dari kata-kata kerja, kata-kata sifat, dan kata-kata lainnya.

Cara mengubah kata kerja (verb) menjadi abstract noun dapat dilakukan dengan menambah ment, ion, ance, ence, t, dan y. Misalnya, advertise menjadi advertisement, connect menjadi connection, admire menjadi admiration, hinder menjadi hindrance, obey menjadi obedience, fly menjadi flight, discover menjadi discovery.

Adapun cara mengubah kata sifat (adjective) menjadi abstract noun dapat dilakukan dengan menambah “ness” atau memang mempunyai ketentuan tersendiri. Misalnya, good menjadi goodness, hot menjadi heat.

Countable noun dan Uncountable Noun

Di dalam kurikulum bahasa inggris, salah satu bagian dari pembahasan noun adalah countable noun dan uncountable noun. Countable noun memiliki pengertian bahwa kata benda tersebut dapat dihitung, sedang uncountable noun dipahami sebagai kata benda yang tak dapat dihitung

Countable noun dibagi kepada dua: singular (tunggal) dan plural (jamak). Sedangkan ciri-ciri ada empat:

  • Dapat diubah menjadi plural (jamak)
  • Dapat menggunakan kata many, several, some
  • jika tunggal (singular) maka harus menggunakan kata kerja tunggal (is, was) sedangkan kata kerja harus ditambah –s untuk simple present
  • jika jamak (plural) maka harus menggunakan kata kerja jamak (are, were), sedangkan kata kerjanya tidak ditambah –s


Adapun uncountable noun untuk menghitungnya harus menggunakan takaran, timbangan, ukuran. Misalnya, coffee untuk dapat dihitung harus ditambah a cup of coffee. Uncountable noun memiliki empat ciri-ciri:

  • Tidak dapat di tambah a dan an di depan kata benda
  • Tidak bisa dibentuk jamak
  • Untuk menunjukkan banyak ditambah kata “much”
  • Di dalam kalimat selalu menggunakan to be “is” untuk yang present tense dan “was” untuk yang past tense. Sedangkan dalam kalimat yang menggunakan kata kerja, harus menggunakan kata kerja +s di bentuk simple present.


Oleh: Rahmat Hidayat Nasution


Related Posts :