Senin, 20 Mei 2013

CANTIK-CANTIK KOK BAHAYA?

Inilah ungkapan paling cocok untuk mendeskripsikan yang satu ini. Mungkin ini bahaya dibalik berkebun yang tidak disadari. Berkebun adalah hobi bermanfaat dan menyenangkan, tapi jika kita tidak hati-hati, itu juga bisa menjadi aktivitas yang mematikan. Ini adalah bunga beracun, bunga paling indah tapi berbahaya. Berikut ini sepuluh tanaman umum yang dapat sangat beracun ketika ditangani atau dikonsumsi. Pecinta alam, berhati-hatilah!

1. Narcissus

Bunga ini kuning, dan putih ketika musim semi. Yang menghirup bunga ini dengan kadar yang tinggi akan mengalami mual, muntah, kram dan diare. Seorang dokter mungkin merekomendasikan hidrasi intravena atau obat-obatan untuk mencegah mual dan muntah jika gejala yang parah atau pasien anak

2. Rhododendron

Bila bunga ini termakan maka akan menyebabkan pembakaran pada mulut dan selanjutnya akan terjadi peningkatan air liur, muntah, diare dan kesemutan pada kulit. Sakit kepala, dan otot lemah bisa mengikuti. Denyut jantung akan melambat atau menjadi aneh, dan anda bahkan dapat koma dan mengalami kejang-kejang fatal.

3. Ficus

Ficus memiliki getah susu beracun di daun dan batang. Yang terburuk dengan tanaman ini adalah anda akan mengalami kulit gatal

4. Oleander

Bukan hanya bunga dan getah yang berbahaya dari bunga ini, setiap bibitnya juga beracun. Bahkan menghirup asap tanpa disengaja dari pembakaran oleander merupakan masalah. Akibat yg ditimbulkan biasanya perubahan denyut jantung, baik perlambatan atau palpitasi atau kadar potasium tinggi. Nahh!! Ini dia. Bukankah sekolah kita mempunyai oleander ini??

5. Chrysanthemum

Menyentuh crysanthenym ini dapat mengakibatkan gatal-gatal dan infeksi kulit. Maka berhati-hatilah..

6. Anthurium

Daun dan batang tanaman ini aneh dan beracun. Juga dikenal sebagai bunga flamingo atau tanaman kuncir. Termakan anturiums tropis dapat memberikan rasa panas di mulut yang kemudian membengkak dan lecet. Suara juga akan parau dan tegang dan mungkin mengalami kesulitan menelan.

7. Lily-of-the-valley

Jika anda sengaja atau tidak untuk memakannya, anda akan mengalami mual muntah, sakit mulut, sakit perut, diare, dan kram. Denyut jantung anda juga akan melambat.

8. Hydrangea

Bunga ini akan membuat keluhan sakit perut setelah jam makan, dan juga akan menjadi penyebab kulit gatal, muntah, dan berkeringat dingin. Bahkan pernah menjadi penyebab kejang, gangguan sirkulasi darah,dan koma.

Oleh : Alimuddin Mansu


Related Posts :