Senin, 13 Mei 2013

FREELANCER TREND BARU YANG MENJANJIKAN



Jaman dulu, pekerjaan sebagai seorang pekerja lepas atau lebih sering disebut freelancer sering disamakan dengan pekerjaan serabutan yang sangat tidak menarik dan kurang menjanjikan. Statusnya yang tidak jelas dan tidak adanya ikatan dari perusahaan tertentu menyebabkan banyak orang merasa enggan untuk mencoba pekerjaan ini. Namun sekarang, di jaman modern yang semuanya serba internet, freelancing menjadi sebuah pilihan, sebuah kesempatan, bahkan sudah menjadi lifestyle bagi beberapa kalangan. Peluang kerja bagi para freelancer sangat terbuka lebar seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, bahkan di seluruh dunia. Jarak dan waktu tidak lagi menjadi sebuah halangan yang berarti. Bahkan seseorang yang sering kamu lihat bersantai-santai duduk di kafe dengan bermain laptopnya bisa saja sedang bekerja untuk Google, Accenture atau IBN. Bagi orang-orang tersebut, kerja tidak harus berangkat ke kantor, bekerja selama 5-8 jam, penuh stress dan tekanan, serta membosankan. Bekerja dapat dilakukan dimana saja dengan santai dan menyenangkan.

Beberapa orang masih menganggap bahwa seorang freelancer adalah pekerjaan yang ‘nggak banget’ karena kurang menjanjikan. Jangan Salah! Banyak freelancer yang pendapatannya menyamai atau bahkan lebih besar dari pekerja kantoran. Apalagi bagi orang yang melakukan keduanya. Kerja kantoran tapi menyambi kerja sebagai freelancer. Bisa dibayangkan berapa potensi pendapatannya tiap bulan.

Freelancing sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pelajar ataupun mahasiswa. Pengalaman kerja yang didapat dari pekerjaan sebagai freelancing juga dapat menjadi modal yang sangat berharga untuk terjun ke dunia kerja kelak. Dari freelancing, kita bisa belajar banyak skill seperti presentasi, negosiasi, project management, sales, budgeting, hingga membangun basis klien dan koneksi yang luas. Bekerja freelance memang bisa menjadi alternatif di kala sekarang banyak mahasiswa yang lulus hanya menjadi pengangguran. Apalagi jika kita tidak terikat dengan perusahaan tertentu, kerja menjadi tenang dan tidak perlu takut jadi korban PHK. Jadi serasa kamu menjadi bos bagi diri kamu sendiri.

Untuk memulai pekerjaan sebagai seorang freelance tidak perlu modal yang besar. Kita hanya perlu modal laptop, koneksi internet dan buku-buku. Tentu semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjajal pekerjaan baru ini.

Yang paling penting dan harus diperhatikan dari freelancer adalah management waktu yang baik karena jadwal yang tidak tentu dan berubah-ubah. Selain itu freelancer harus tetap menjaga profesionalitas dengan klien meskipun hanya sebagai seorang pekerja lepas. Modal utama dari freelancing adalah Trust alias kepercayaan. Semua hal harus dilakoni dengan serius supaya kepercayaan klien tidak hilang dan reputasi kita tetap bagus di mata klien. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba tantangan baru sebagai seorang freelancer?

Oleh : Herlina Redz


Related Posts :