Selasa, 14 Mei 2013

Jahe: Khasiat dan Cara Berbisnisnya

Jahe adalah salah satu jenis tanaman yang tidak sulit ditanam dan begitu mudah dijumpai, terutama di kampung-kampung. Ia memiliki beragam khasiat. Kalau ingin mengusir hawa dingin yang menyergap tubuh, maka jahe berperan sebagai minuman yang tepat.

Dalam pengobatan Cina kuno dan India, Jahe dikategorikan sebagai ramuan utama dalam banyak resep serta ramuan makanan dan minuman. Berbeda dengan orang-orang Eropa. Mereka memanfaatkannya sebagai cita rasa dalam setiap makanan. Dengan kata lain, jahe disetarakan dengan garam dan merica.

Khasiat Jahe dalam Hal Pengobatan

Rasanya memang pedas, tapi zat-zat yang terkandung di dalamnya sangat berguna bagi tubuh manusia. Berdasarkan hasil penelitian pakar kesehatan, dipaparkan bahwa rasa hangat yang ditimbulkan saat mengonsumsi jahe dapat membantu jantung memompa darah lebih ringan hingga tekanan darah menjadi turun. Malah, jahe juga berfungsi untuk mengobati penyakit-penyakit akibat tidak beresnya kinerja jantung.

Khasiat lain yang diberikan jahe, mampu menjadi obat untuk segala penyakit yang disebabkan oleh musim penghujan. Seperti flu, masuk angin dan sakit kepala. Bahkan khasiatnya tak kalah dengan obat kimia yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut.

Beberapa Tips Penyembuhan dengan Jahe

Bagaimana caranya? Cukup mudah dan tak begitu rumit. Efeknya pun dijamin segera terasa. Orang yang masuk angin misalnya, untuk mengobatinya hanya dengan menggunakan jahe tua sebesar ibu jari yang dicuci bersih, kemudian dimemarkan dan direbus dengan air dua gelas. Jika sudah, tambahkan gula aren secukupnya, lalu didihkan lebih kurang 15 menit. Angkat dan minum hangat-hangat.

Demikian juga bagi mereka yang menderita sakit kepala. Cara mengobatinya dengan membakar jahe sebesar ibu jari lalu dimemarkan. Setelah itu, diseduh dengan segelas air dan diberi sedikit gula lalu diminum sekaligus. Kalau bisa diminum tiga kali sehari.

Selain untuk mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan musim penghujan, ia juga berfungsi untuk obat bagi mereka yang suka mabuk saat di perjalanan. Caranya, Ambil jahe seibu jari yang sudah dicuci kemudian diiris tipis-tipis. Setelah itu, direbus dengan segelas air dan diminum hangat-hangat sebelum naik kendaraan.

Masih ada khasiat lain dari Jahe. Ia juga bisa mengobati anggota tubuh yang terkilir. Caranya dengan memarutnya sebanyak dua ruas yang sudah dicuci bersih, lalu ditambahkan garam sedikit. Bila sudah, tinggal membalurkan ramuan tersebut pada anggota tubuh yang terkilir sebanyak dua kali sehari.

Jahe memiliki beragam khasiat dikarenakan mengandung antioksidan. Malah, sebuah penelitian menemukan bahwa ia sama efektifnya dengan vitamin B6 untuk mengatasi rasa mual dan muntah. Mari kita mengonsumsinya untuk kesehatan tubuh.

Berbisnis Jahe

Melihat begitu besarnya manfaat jahe, adalah bagus bila Anda berkeinginan untuk menanam lalu menjualnya. Pasalnya, pengobatan herbal kini tengah marak-maraknya digemari oleh kebanyakan orang. Maka yang terpenting Anda lakukan adalah, mempersiapkan pola bisnis jahe.

Nah, penulis ingin memberikan ‘sedikit’ masukan bagi Anda yang ingin berbisnis Jahe.

  • Setelah jahe Anda bersihkan, maka Anda bentuk dia sesuai dengan fungsinya. Artinya, ketika Anda memperdagangkannya ke orang lain, Anda tidak sekedar mendagangkan jahe tapi lengkap dengan hal-hal penyempurna lainnya. Misalnya saja, Anda ingin membuat jahe sebagai obat masuk angin.

    Maka langkah-langkah yang Anda lakukan dengan mempersiapkan jahe yang sudah tua dan gula aren. Keduanya Anda bungkus dalam plastik dengan rapi dan dijamin steril. Demikian juga halnya, jika Anda ingin menjual jahe untuk sakit kepala, mual, terkilir dan lain-lain. Siapkan jahe dengan jenis kantongannya masing-masing.

  • Pasarkanlah jahe di posnya masing-masing. Misalnya saja, untuk sakit kepala dan mual, Anda bisa memasarkannya pada penjual jamu. Untuk terkilir, Anda bisa memasarkannya pada tukang urut. Atau, jika pun Anda buat kios sendiri spesial penjualan jahe juga bagus.

  • Bersabarlah dalam memasarkannya. Proses usaha dagang yang berjenis baru memang tidak serta merta menghasilkan untung besar. Namun bukan tidak mungkin beberapa saat kemudian akan besar. Apalagi, jika Anda membuka layanan siap antar pesan, maka jahe yang dipasarkan akan segera laku. Ia mendatangkan keuntungan dan memberikan kesehatan.

Inilah artikel seputar jahe, khasiat dan cara berbisnisnya. Semoga memberi manfaat bagi Anda.

Oleh : Rahmat Hidayat Nasution


Related Posts :