Jumat, 10 Mei 2013

Konsumen Cerdas 1: Siapakah Konsumen Cerdas Itu?

Mungkin Anda pernah merasa kecewa membeli suatu produk yang tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan dalam iklan atau kemasannya. Atau mungkin Anda merasa kecewa karena tidak mendapat pelayanan yang baik saat berbelanja atau menggunakan jasa pelayanan. Apa yang Anda lakukan? Apakah cukup puas hanya dengan menggerutu, ngomel-ngomel atau Anda berusaha untuk memperjuangkan hak Anda sebagai konsumen?

Pengertian Konsumen

Setiap kita pernah menjadi konsumen bahkan mungkin konsumen sejati. Karena setiap hari kita menggunakan berbagai produk dan jasa yang ditawarkan oleh pihak lain. Sehingga, mau tidak mau pengalaman pahit sebagai seorang konsumen sedikit banyaknya ada kita alami. Mulai dari perasaan tidak puas, kecewa, harga produk yang terlalu tinggi dan sebagainya.

Oh ya, siapakah konsumen itu? Konsumen adalah setiap orang yang memakai (mengkonsumsi) barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, bukan untuk diperdagangkan kembali. Baik untuk digunakan sendiri, keluarga, ataupun makhluk hidup lain. Dengan kata lain, konsumen adalah rantai terakhir dalam sistem distribusi atau rantai pemasaran suatu produk/jasa.

Konsumen Cerdas, Andakah Orangnya?

Ketika berbelanja di pasar, warung, supermarket apakah Anda memperhatikan kemasan produk, label, masa kadaluwarsa, komposisi produk dan informasi-informasi tentang produk lainnya? Apakah Anda berusaha mengetahui kondisi produk yang ingin Anda beli? Manakah yang Anda pertimbangkan ketika memutuskan untuk membeli produk, kualitas ataukah harga produk?

Konsumen cerdas adalah konsumen yang senantiasa berhati-hati dalam memilih produk dan atau jasa yang akan digunakannya. Tidak lain hal itu dimaksudkan dalam upaya untuk melindungi diri dari dampak negatif penggunaan produk atau jasa yang tidak sesuai dengan standar mutu K3L (Keamanan, Kenyamanan dan Keselamatan Lingkungan).

Ciri-ciri Konsumen Cerdas

Seperti apa sih konsumen cerdas itu? Konsumen cerdas bisa dilihat dari beberapa ciri-ciri berikut:
  1. Mengetahui dan menjalankan hak serta kewajibannya sebagai konsumen
    Konsumen cerdas itu kritis, berani memperjuangkan haknya dan bertanggung jawab menunaikan kewajibannya. Adapun hak dan kewajiban konsumen akan dibicarakan pada bagian lain seri tulisan ini.
  2. Selalu teliti sebelum membeli
    Konsumen harus membiasakan diri untuk teliti dalam memilih barang atau jasa yang akan digunakan. Teliti fisik barang apakah ada yang rusak, terindikasi mengandung bahan berbahaya atau tidak, jika kurang paham konsumen berhak untuk mendapat penjelasan atau informasi yang benar tentang barang tersebut pada penjual.
  3. Memperhatikan label, komposisi serta masa kadaluwarsa produk setiap kali ingin membeli.
    Biasakan untuk memperhatikan label, komposisi produk dan masa kadaluwarsa produk saat membeli. Perhatikan apakah ada label halalnya? Adakah izin produksi, kode depkes dan keamanan produk dari BPOM? Kapan masa kadaluwarsanya? Komposisinya bagaimana? Semakin detail semakin baik.
  4. Membeli sesuai kebutuhan, bukan keinginan apalagi tergoda bujukan iklan.
    Hindari budaya konsumtif dengan senantiasa mengetahui alasan mengapa membeli produk tersebut? Apakah memang butuh atau hanya sekedar ingin karena terbujuk rayuan iklan?
  5. Selalu memastikan bahwa produk dan atau jasa yang digunakannya telah memenuhi standar mutu K3L.

Oleh: Neti Suriana
Referensi: www.hkn2013.com


Related Posts :