Senin, 13 Mei 2013

Konsumen Cerdas 2: Pahami Hak dan Kewajiban Konsumen

Konsumen cerdas adalah konsumen yang kritis sekaligus berani memperjuangkan hak-haknya serta tidak abai dengan kewajibannya. Oleh karena itu, bisa dipahami bahwa konsumen yang cerdas adalah konsumen yang mengetahui dan memahami hak serta kewajibannya sebagai konsumen. Oke, pada tulisan ini kita akan mencoba membahas tentang hak dan kewajiban konsumen.

Hak-hak Konsumen

  1. Memperoleh kenyamanan, keamanan dan keselamatan (K3), baik dalam penggunaan produk maupun dalam pelayanan.
    Adalah hak konsumen untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan mulai dari proses memilih, memutuskan untuk membeli hingga menggunakan produk yang telah dibeli. Misalnya pada produk makanan keamanan produk dari penggunaan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan. Demikian juga dengan produk-produk kosmetik. Oleh karena itu setiap produk pangan, obat-obatan dan kosmetik yang beredar di negara kita diwajibkan untuk didaftarkan ke Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapatkan nomor registrasi sebagai bukti bahwa produk tersebut aman bagi kesehatan. Sementara itu, untuk produk non pangan standar mutu untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen bisa diperhatikan dari ada tidaknya tanda SNI. SNI merupakan standar mutu yang berlaku di Indonesia.
  2. Kebebasan dalam memilih produk dan atau jasa yang akan digunakannya
    Konsumen memiliki kebebasan untuk memilih produk atau jasa yang akan digunakannya. Produsen atau penjual tidak berhak memaksa konsumen untuk memilih produk/jasa yang mereka tawarkan.
  3. Mendapatkan informasi yang jelas dan jujur tentang produk dan atau jasa yang akan digunakan
    Konsumen perlu menyadari haknya yang satu ini. Memperoleh informasi secara jelas dan jujur tentang produk dan jasa yang akan digunakannya merupakan hak konsumen, karena itu jangan segan-segan untuk bertanya jika informasi tentang suatu produk atau jasa yang akan kita gunakan dirasa masih ragu atau belum jelas.
  4. Didengarkan keluhan dan pendapatnya tentang produk atau pun pelayanan.
    Jika tidak puas dengan pelayanan atau kualitas suatu produk konsumen juga berhak untuk mengadukan keluhannya baik secara langsung atau pun tidak langsung pada produsen atau pelaku usaha.
  5. Mendapatkan kompensasi atau ganti rugi
    Jika produk atau jasa yang diterima oleh konsumen tidak sesuai dengan standar mutu yang dijanjikan atau dipersyaratkan maka konsumen berhak untuk mendapatkan kompensasi atau ganti rugi.

Kewajiban Konsumen

Konsumen cerdas tidak hanya sekedar menuntut hak, akan tetapi juga harus mengetahui dan memenuhi kewajibannya sebagai konsumen. Adapun kewajiban-kewajiban konsumen itu antara lain:

  1. Membaca petunjuk penggunaan atau pemakaian produk dan atau jasa
    Sebagai konsumen kita wajib membaca dan memahami petunjuk penggunaan produk. Karena kerugian akibat kesalahan cara pemakaian suatu produk menjadi tanggungan konsumen.
  2. Mengikuti petunjuk atau informasi penggunaan tersebut dengan baik
    Tidak hanya sekedar membaca dan memahami, konsumen juga wajib mengikuti petunjuk/informasi cara penggunaan produk tersebut.
  3. Membayar sesuai dengan harga atau nilai tukar yang sudah disepakati bersama.
    Konsumen juga wajib membayar sesuai dengan harga/nilai tukar yang sudah disepakati atau ditetapkan.
  4. Konsumen juga harus memiliki niat atau itikad baik dalam bertransaksi.

Oleh: Neti Suriana
Referensi: www.hkn2013.


Related Posts :