Senin, 20 Mei 2013

Mengenal Tanaman Hias Sanseviera (Lidah Mertua) - 1

Apa yang terbayang di pikiran Anda ketika berbicara tentang tanaman hias? Ya, pada umumnya yang melintas di pikiran ketika mendengar tanaman hias adalah tanaman yang memiliki bunga dengan beragam warna dan keindahannya. Biasanya tanaman hias selalu identik dengan bunga mawar, anggrek, melati dan sekelompok tanaman hias lain yang memiliki bunga-bunga indah. Kehadiran bunga inilah yang membuat tanaman menjadi tampak cantik dan disenangi.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk Sanseviera. Beberapa jenis tanaman Sanseviera atau lidah mertua juga menghasilkan bunga. Akan tetapi bukan kehadiran bunganya yang membuat tanaman hias ini disenangi oleh penggemarnya. Bahkan tidak jarang kehadiran bunga ini tidak disadari. Banyak yang tidak menyadari jika beberapa jenis tanaman lidah mertua ini memiliki bunga. Karena tanaman biasanya baru mengeluarkan bunga setelah tanaman cukup dewasa.

Lalu apa yang menjadi daya tarik pada tanaman lidah mertua?

Ternyata, daya tarik tanaman Sanseviera justru terletak pada keindahan daunnya. Sanseviera dikenal memiliki daun tegak, tebal, kaku dan meruncing pada bagian ujungnya. Varian warna pada daun, ikut memperindah penampilan Sanseviera. Varian warna daun yang umum ditemukan pada Sanseviera diantaranya hijau kuning, hijau, hijau putih, perak, dan hijau keperakan.

Sanseviera dikenal juga dengan nama Lidah Mertua. Disebut demikian karena tanaman ini memiliki daun yang ujung bagian atasnya meruncing tajam, yang dikiaskan dengan ketajaman ucapan mertua yang jahat. Di malaysia tanaman ini dikenal juga dengan sebutan lidah jin. Sementara nama lain dari Sanseviera yaitu tanaman pedang-pedangan, berdasarkan bentuk daun beberapa jenis tanaman ini yang panjang mirip pedang.

Sanseviera sering digunakan sebagai tanaman penghias ruangan, bahkan beberapa jenis tidak jarang juga digunakan sebagai bunga meja. Sifatnya yang mudah tumbuh, tidak rewel dan tahan terhadap cekaman lingkungan, --termasuk kekeringan-- membuat tanaman ini disenangi sebagai tanaman hias indoor.

Berdasarkan ukuran daunnya, tanaman Sanseviera dibedakan menjadi dua jenis:

  1. Sanseviera berdaun panjang, yaitu jenis tanaman Sanseviera yang memiliki daun berukuran panjang. Ukuran daun tanaman Sanseviera bisa mencapai 50 -75 cm.
  2. Sanseviera berdaun pendek, yaitu jenis tanaman Sanseviera yang memiliki daun pendek. Umumnya panjang daun mencapai 8 cm sedangkan lebar 3-6 cm.

Sebagai tanaman penghias ruangan Sanseviera tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi ruang. Akan tetapi juga bermanfaat untuk menyegarkan ruangan, menyerap bau tidak sedap dan polutan udara dalam ruangan tersebut. Sehingga ruangan menjadi lebih segar an bersih.

Untuk tujuan dekorasi ruangan, biasanya dipilih tanaman Sanseviera berdaun panjang untuk menghiasi sudut ruangan. Sanseviera berdaun panjang ditanam dalam pot besar, kemudian diletakkan di sudut ruangan. Sementara untuk tujuan hiasan meja, dipilih Sanseviera berdaun pendek dan kecil. Ditanam dalam pot ukuran paling kecil. Kemudian diletakkan pada sisi meja yang diinginkan.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :