Selasa, 21 Mei 2013

Mengenal Tanaman Hias Sanseviera (Lidah Mertua) - 2

Klasifikasi Ilmiah

Sanseviera adalah marga dari tanaman hias yang memiliki ciri khas pada bentuk daunnya berdiri tegak, tebal, keras dan meruncing tajam pada bagian ujungnya. Nah, berikut adalah klasifikasi ilmiah tanaman Sanseviera atau lebih dikenal dengan nama lidah mertua.

Kingdom : Plantae
Divisi : -
Sub Divisi : -
Ordo : Asparagales
Kelas : Ruscaceae
Genus : Sanseviera
Spesies :
Sansevieria cylindrica
Sansevieria ehrenbergii
Sansevieria hyacinthoides
Sansevieria trifasciata

Dari sini diketahui bahwa tanaman Sanseviera terdiri dari beberapa spesies. Setiap spesies memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan spesies lainnya.

Deskripsi Fisik

Suatu jenis tanaman bisa dikenali melalui pengamatan fisiknya yang dapat diamati secara kasat mata. Demikian juga dengan tanaman lidah mertua. Nah, pada tulisan ini kita akan membahas tentang deskripsi fisik tanaman lidah mertua.

1. Akar

Lidah mertua memiliki akar serabut yang tumbuh dari pangkal batang yang menyerupai rimpang.

2. Daun

Secara fisik yang terlihat pada tanaman lidah mertua adalah daunnya. Jadi, ketika mendeskripsikan tanaman lidah mertua, maka deskripsi tentang daun inilah yang paling banyak. Baik, berikut adalah deskripsi singkat tentang daun lidah mertua:

  1. Bentuk

    Lidah mertua berdaun panjang memiliki bentuk daun panjang-panjang, meruncing tajam pada bagian ujungnya dan tumbuh tegak. Terkadang pada beberapa daun sedikit meliuk. Jika disentuh, daun terasa tebal dan kaku.

    Sementara lidah mertua berdaun pendek, memiliki bentuk yang sama, hanya saja ukuran daunnya lebih pendek. Panjangnya tidak lebih dari 8 cm, dan lebarnya berkisar antara 3 – 6 cm. Karena ukurannya lebih pendek, lidah mertua berdaun pendek daunnya tidak begitu tegak. Lebih cenderung membentuk formasi kembang bunga yang baru membuka dari kuncupnya.
  2. Varian warna

    Daun lidah mertua memiliki varian warna yang beragam, tergantung pada jenisnya. Beberapa varian warna yang sering ditemukan pada daun tanaman lidah mertua antara lain: hijau muda, hijau tua, hijau abu-abu, perak dan sering juga ditemukan daun berwarna kombinasi hijau putih, hijau kuning.
  3. Motif

    Motif daun tanaman lidah mertua juga bervariasi. Ada yang mengikuti alur serat daun. Ada yang garis-garis, zigzag dan ada juga yang tidak beraturan.

3. Bunga

Bunga pada tanaman lidah mertua jarang sekali ditemukan, apalagi pada tanaman yang dibudidayakan dalam pot. Karena yang disenangi pada tanaman ini sebenarnya adalah daunnya. Sehingga, yang dirawat dengan baik adalah tanaman lidah mertua muda yang masih memiliki daun menarik. Sebelum sempat berbunga, biasanya tanaman sudah dibongkar dan diganti dengan yang lain.

Bunga tanaman ini tersusun dalam tandan dan umumnya berwarna putih. Bunga merupakan salah satu alat perkembangbiakan pada tanaman lidah mertua yang akan menghasilkan biji.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :