Rabu, 22 Mei 2013

Mengenal Tanaman Hias Sanseviera (Lidah Mertua) – 3

Teknik Perbanyakan Tanaman

Sanseviera umumnya diperbanyak dengan dua cara, yaitu (1) tunas dan (2) stek daun. Adapun teknik perbanyakannya adalah sebagai berikut:

  1. Tunas

    Coba Anda perhatikan pada rumpun tanaman Sanseviera. Di sana Anda akan melihat beberapa tunas baru yang muncul di beberapa sisi rumpun tersebut. Biasanya akan terlihat jelas pada sisi luar rumpun tersebut. Pisahkan tunas muda tersebut dari rumpun induknya dengan cara memotongnya. Kemudian tunas siap di tanam pada media tanam baru yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Perbanyakan tanaman Sanseviera dengan menggunakan tunas muda ini adalah teknik perbanyakan tanaman yang paling sederhana dan mudah. Anakan yang dihasilkan sudah memiliki akar, sehingga lebih mudah tumbuh dan beradaptasi di lingkungan media tanam yang baru.

  2. Stek daun

    Stek daun adalah metode perbanyakan tanaman yang umum di lakukan para hobiis untuk tanaman Sanseviera ini. Ada hal yang unik dengan teknik perbanyakan tanaman dengan menggunakan stek daun ini. Karena tanaman Sanseviera yang dihasilkan belum tentu memiliki sifat yang sama dengan tanaman induknya. Hal ini terjadi karena ada kemungkinan terjadinya mutasi pada tanaman yang diperbanyak dengan teknik stek daun ini.

    Adapun cara perbanyakannya adalah sebagai berikut:

    • Pilih daun tanaman induk yang akan di stek. Pastikan bahwa daun yang dipilih adalah daun yang sehat, bebas dari cacat maupun jamur penyebab penyakit.
    • Siapkan polibag kecil yang sudah berisi media tanam untuk pembibitan tanaman Sanseviera.
    • Potong daun tersebut dengan pisau atau gunting tanaman yang tajam dan steril.
    • Jika ada Anda bisa mengoleskan hormon pertumbuhan akar pada bagian stek daun yang luka oleh proses pemotongan tersebut untuk merangsang pertumbuhan akar.
    • Benamkan sebagian stek daun pada media tanam bibit, tekan-tekan media tanam pada bagian sisi bibit hingga stek daun Sanseviera berdiri dengan kokoh.
    • Untuk mengurangi penguapan, tutup bibit dengan plastik bening.
    • Letakkan polibag bibit di tempat teduh hingga bibit benar-benar tumbuh dan siap dipindahkan ke pot yang lebih besar.

Teknik Budidaya Tanaman Sanseviera

Anda masih awam dengan urusan tanam menanam? Jangan khawatir tidak bisa membudidayakan Sanseviera, karena tanaman ini sangat mudah dibudidayakan. Bahkan, tanpa perawatan yang rutin pun tanaman dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Hanya saja, sebagai tanaman hias tentu Anda selalu ingin melihat tanaman ini tampil cantik dan rapi. Maka, Anda harus rajin membongkar dan merapikan tanaman ini. Mengingat, perkembangbiakan Sanseviera sangat cepat. Sehingga, tanaman sekali-sekali perlu dibongkar, dipisahkan anakannya, sehingga pot tidak terlalu penuh.

Nah, bagaimana teknik budidaya dan perawatan tanaman Sanseviera? Akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Oleh : Neti Suriana


Related Posts :