Rabu, 08 Mei 2013

Tips Aman Mengendarai Kendaraan Bermotor

Kecelakaan motor yang berujung pada kematian bukan berita baru lagi di negeri ini. Rekor kecelakaan motor masih cukup tinggi. Masih segar di ingatan kita kasus kecelakaan tunggal yang dialami oleh Almarhum Ust Jefri Al Buckhori baru-baru ini yang menambah deretan panjang kecelakaan kendaraan bermotor yang berujung maut.

Fakta ini menunjukkan bahwa keselamatan pengguna jalan di negeri ini masih sangat rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya keselamatan pengguna jalan tersebut adalah rendahnya kesadaran pengguna jalan dalam mematuhi aturan keselamatan dalam mengendarai kendaraan bermotor. Bahkan, di daerah-daerah banyak ditemui para pengendara kendaraan bermotor melaju dengan kencang tanpa menggunakan helm dan perlengkapan keamanan lainnya.

Menjaga keselamatan diri adalah kewajiban setiap pribadi. Oleh karena itu, jangan pernah remehkan faktor keselamatan dalam mengendarai kendaraan bermotor. Nah, berikut ada beberapa tips aman mengendarai kendaraan bermotor, yaitu:
  • Jaga Jarak Aman
    Anda tidak akan pernah tau kapan kendaraan di depan Anda berhenti mendadak. Oleh karena itu selalu upayakan untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan. Jarak aman yang memungkinkan Anda bisa mengendalikan laju kendaraan jika tiba-tiba kendaraan di depan Anda berhenti mendadak.
  • Hindari Mengendarai Kendaraan Bermotor Saat Mata Mengantuk
    Mengendarai kendaraan saat mengantuk sangat tidak disarankan, bahkan sebaiknya dihindari. Kondisi mengantuk membuat Anda tidak fokus, ini berbahaya bagi keselamatan diri dan pengguna jalan yang lain. Oleh karena itu jika dalam perjalanan mata Anda tiba-tiba mengantuk, sebaiknya segera menghentikan kendaraan. Istirahatlah sejenak untuk menghilangkan rasa kantuk. Jika memungkinkan, sempatkan sejenak untuk tidur sebelum kemudian melanjutkan perjalanan. Jika tidak memungkinkan Anda bisa mengambil pilihan lain seperti makan, minum atau mencuci muka untuk menghilangkan rasa kantuk.
  • Perhitungkan dengan Cermat Ketika ingin Menyalip Kendaraan
    Jika Anda ingin menyalip kendaraan lain, perhitungkan dengan cermat laju kendaraan dan kemungkinan Anda bisa menyalipnya dengan aman. Pastikan juga di depan tidak ada kendaraan lain yang sedang melaju berlawanan arah dengan kendaraan Anda. Jika memungkinkan silakan menyalip dengan terlebih dahulu memberi aba-aba –misalnya dengan membunyikan klakson—pada kendaraan yang akan Anda salip. Biasanya sopir kendaraan yang mendengar aba-aba Anda akan mengurangi laju kendaraannya, memberi kesempatan pada Anda untuk menyalip.
  • Gunakan Rem Tangan Ketika Ingin Menghentikan Laju Motor dengan Cepat
    Jangan hanya mengandalkan rem kaki ketika ingin menghentikan laju kendaraan dengan cepat. Karena hal itu dapat membahayakan keselamatan Anda. Gunakan rem tangan dan rem kaki secara bersamaan, sehingga laju kendaraan berhenti dengan cepat dan stabil tanpa menyebabkan kendaraan oleng.
  • Jangan Remehkan Perlengkapan Keselamatan Mengemudi
    Jangan pernah merasa ribet dan gengsi menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, kaca spion motor dan lain-lain. Terutama ketika Anda mengendarai kendaraan jarak jauh.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :