Jumat, 17 Mei 2013

Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak

Tidak semua orang memiliki kelebihan mengingat yang baik. Padahal daya ingat merupakan faktor penting dalam berinteraksi dengan orang lain (mengingat nama, alamat, no. Telepon dll). Dengan ingatan yang baik , kita akan mudah menjalin keakraban dengan orang yang baru kita kenal. Keakraban yang terjalin pastinya memudahkan kita dalam banyak hal, baik itu dalam pekerjaan, bisnis, relasi dan sebagainya. Tidak hanya dalam berinteraksi, khususnya pembelajaran bagi para mahasiswa/pelajar juga dibutuhkan daya ingat otak yang tinggi. Apalagi menjelang ujian, banyak mata pelajaran yang mengharuskan mengingat rumus-rumus atau kata kunci untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Namun, kesukaran dalam menghapal rumus-rumus atau kata kunci itu membuat tidak sedikit orang-orang putus asa. sehingga banyak diantara mereka melakukan cara pintas untuk mencapai nilai yang tinggi, baik itu mencontek, mengopek (menulis catatan dalam kertas kecil), ataupun cara-cara curang lainnya. Meskipun tidak memiliki kelebihan mengingat yang baik, tapi sepelupa sifat seseorang itu jika ia mau terus berusaha dan melakukan cara-cara mengingat yang baik dan benar, mudah-mudahan problem mengenai sifat pelupa itu akan hilang. Di bawah ini akan dijelaskan tips dan trik meningkatkan daya ingat otak guna merangsang kinerja pikiran agar tidak pelupa.

  • Metode SAVE ala jerry Lukas, dalam mengingat nama orang lain

    • S(ay) = dalam melakukan percakapan biasakan menyebut nama orang yang baru anda kenal.
    • A(sk) = tanyakan sesuatu yang berkaitan dengan nama orang itu, mungkin artinya atau sejarah pemberian namanya.
    • V(isualize) = perhatikan penampilan fisiknya, mungkin bisa anda hubungkan dengan orang-orang populer yang anda ketahui, baik artis, penyanyi dll.
    • E(nd) = pada pengakhiran percakapan, coba untuk menyebutkan namanya kembali sebagai penekanan untuk masuk dalam pikiran anda.


  • Penyingkatan

    Dalam mengingat kata-kata kunci ada baiknya dilakukan penyingkatan kata guna memperpendek penghapalan. Contohnya untuk mengingat rumusan paragraf dalam pelajaran B. Indonesia bisa dengan mengingat kata ‘IKHUDUK’ yang menjelaskan ‘Paragraf (I)nduksi dari (K)husus ke (U)mum, sedangkan (D)eduksi dari (U)mum ke (K)husus’. Anda bisa membuat penyingkatan materi sesuai dengan kreativitas anda.

  • Tulis dan Visualisasikan hapalan tersebut

    Untuk memudahkan dalam mengingat, Informasi dan materi yang ingin dihapal bisa anda coba tuliskan kembali dengan kata-kata yang mudah dicerna, kemudian bisa dilakukan penambahan gambar untuk menguatkan daya ingat.

  • Ucapkan dan Ulang

    Lakukan pengucapan secara berkala materi, informasi yang ingin di hapal. Untuk membantu anda bisa mencari teman untuk menyimak apakah hapalan anda sudah benar atau tidak. Dalam proses ini anda dituntut untuk tidak menyerah sebelum materi yang anda maksud bisa hapal sepenuhnya.

  • Buatlah suasana menyenangkan

    Sebagian orang dapat lebih mudah mencerna pelajaran sambil ia mendengarkan musik, sebagian lagi mencari situasi dalam kesunyian merupakan unsur utama dalam percepatan menghapal. Semua itu tergantung anda bagaimana menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk memudahkan penghapalan.

  • Waktu yang tepat

    Suasana, kondisi tempat juga mempengaruhi cepat lamanya menghapal, jika anda menghapal di keramaian pastilah pikiran tidak akan konsentrasi karena suara-suara yang anda dengar dari segala arah. Penulis merekomendasikan anda menghapal ketika pagi hari, kalau bisa sekitaran jam 4-6 pagi. Percayalah karena pada waktu-waktu seperti itu kenyamanan pikiran untuk menghapal akan mudah.

  • Perbanyak asupan gizi

    Perbanyak konsumsi sayur-sayuran (lobak,bayam,kacang), buah-buahan (jeruk, strawberi, semangka), biji-bijian yang mengandung Vitamin dan serat yang baik untuk meningkatkan kualitas otak. Yang jelas makanan jenis 4 sehat 5 sempurna.

  • Berdoa
    Bagaimana pun juga, Tuhan pasti punya andil penting dalam setiap usaha yang anda lakukan. Mintalah kepadanya agar anda dikuatkan daya pikir demi hal baik yang ingin anda capai.

Begitulah tips dan trik yang bisa penulis share kepada pembaca semua, semoga isi dari artikel ini memudahkan kita dalam upaya peningkatan kinerja daya ingat otak demi mencapai hal-hal yang kita inginkan. Terima kasih.

Oleh : Roma Doni
Sumber Photo : Google.com


Related Posts :