Selasa, 11 Juni 2013

Ekowisata Berkelanjutan (1)

Pengertian wisata

Secara umum negara berkembang memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Layaknya Indonesia yang juga termasuk negara yang sedang berkembang memiliki banyak sekali kekayaan alam yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. Kekayaan alam ini dapat dimanfaatkan sebagai barang tambang atau objek wisata yang dapat dipakai untuk menambah devisa negara. Jika negara maju memiliki perdagangan sebagai penerimaan utama negara, maka negara berkembang selain dari perdagangan, wisata juga berperan penting untuk menambah pemasukan negara.

Wilayah Indonesia yang meliputi Sabang sampai Merauke memiliki ciri khas daerahnya masing-masing. Hal ini juga didukung oleh beragamnya suku dan kepercayaan masyarakat Indonesia itu sendiri. Selain itu, alam yang masih terjaga kelestariannya menjadi nilai tambah bagi negara Indonesia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai zamrud khatulistiwa, karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah dan tidak dapat diperoleh di negara lainnya. Hal ini juga didukung dengan wilayah yang masih ditutupi oleh hutan. Baik itu hutan rakyat, hutan lindung, cagar alam, dll. Daya tarik Indonesia sendiri bukan hanya pemandangan atau fenomena alam yang indah, melainkan juga kehidupan budaya maupun perayaan yang unik dari masing-masing kegiatan budaya ini juga mampu menarik perhatian dunia untuk mengetahui seperti apa kebudayaan Indonesia itu sendiri.

Selama ini kita sering berprasangka wisata maupun rekreasi merupakan hal yang sama. Walaupun terdapat kesamaan di kegiatannya, tetapi antara wisata dan rekreasi merupakan hal yang berbeda. (UU No. 9/1990 tentang kepariwisataan) menyatakan bahwa wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan seseorang/sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yg dikunjungi dalam jangka waktu sementara. Sedangkan rekreasi, re-creare (Latin), membuat ulang kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani (kembali menggunakan daya pikir untuk mencapai kesenangan atau kepuasan melalui suatu kegiatan) atau aktivitas yang dilakukan seseorang selain pekerjaan.

Pengertian mungkin memiliki arti yang sulit bagi para pembaca. Jadi disini saya mencoba untuk menerangkan maksud dari pengertian wisata maupun rekreasi di atas. Rekreasi merupakan kegiatan yang tujuannya untuk penyegaran jasmani dan rohani dengan melakukan sesuatu kegiatan yang menyegarkan pikiran dan tubuh. Namun, kegiatan rekreasi ini tidaklah mengharuskan seseorang untuk bepergian. Contohnya saja, seseorang selepas ujian pergi ke halaman belakang rumah, bersantai di bawah pohon sambil membaca novel kesukaannya termasuk ke dalam kegiatan rekreasi. Berbeda dengan wisata, dimana terdapat keharusan untuk bepergian ke suatu tempat wisata khusus untuk berbagai tujuan yang ada. Perbedaan utamanya adalah pada bepergian di kegiatan wisata merupakan keharusan. Sedangkan di kegiatan rekreasi bepergian ke tempat wisata khusus tidaklah harus dilakukan.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan


Related Posts :