Kamis, 27 Juni 2013

Seputar SBMPTN 2013

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013, atau yang sering disingkat SBMPTN 2013, memang momen yang ditunggu para lulusan SMA yang akan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. Seleksi ini diperuntukkan bagi mereka yang lulus SMA/SMK/MA/MAK tahun 2011, 2012, dan 2013, serta memiliki jasmanai dan rohani yang sehat. Bagi kalian yang memenuhi syarat umum tersebut, dicek ya persyaratan selanjutnya.

Karena kita berada di era globalisasi nan canggih ini, maka pendaftaran pun dilaksanakan secara online di http://ujian.sbmptn.or.id, dilengkapi dengan tata cara pendaftaran juga. Pendaftaran sudah dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB, jadi jangan sampai ketinggalan ya.

PTN memiliki dua kelompok program studi, Program Studi Kelompok Saintek dan Program Studi Kelompok Soshum. Kalian dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti. Program Studi Saintek, Soshum, dan Campuran (Saintek dan Soshum) masing-masing memiliki maksimal 3 pilihan program studi. Saat kalian memilih, urutan pilihan program studi adalah prioritas kalian.

Bagi kalian yang memilih 1 program studi, kalian dapat memilih program studi di PTN manapun. Sedangkan kalian yang memilih 2 program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat kalian mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat kalian mengikuti ujian.

Dalam Ujian SBMPTN 2013, kalian yang sudah mendaftar dan memilih program studi, akan dibagi menjadi 3 kelompok, yakni Kelompok Ujian Saintek dengan mata uji TPA, TKDU, dan TKD Saintek, Kelompok Ujian Soshum dengan mata uji TPA, TKDU, dan TKD Soshum, dan Kelompok Ujian Campuran dengan mata uji TPA, TKDU, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Kalian dapat mengikuti kelompok ujian Sains, Soshum, atau Campuran sesuai dengan pilihan kalian masing-masing.

Supaya berjalan dengan lancar, ada baiknya kalian mempersiapkan diri dengan membaca materi pelajaran yang pernah diberikan selama bersekolah. Di SBMPTN, kalian akan diuji dengan soal-soal tes yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika, dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Bagi kalian yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan, kalian diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Jadwal Ujian Tertulis dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, 18-19 Juni 2013. Bagi kalain yang mengikuti Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Kamis dan/atau Jumat, tanggal 20 dan/atau 21 Juni 2013, sesuai jadwal yang ditentukan masing-masing universitas. Untuk hasil ujian akan diumumkan pada hari Jum'at, 12 Juli 2013 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

Bagi yang masih membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa klik http://www.sbmptn.or.id. Disana akan dijelaskan juga biaya, cara pembayaran dan info lainnya tentang SBMPTN 2013. Selamat berjuang lagi teman-teman, semoga kalian dapat menempuh pendidikan selanjutnya lewat jalur SBMPTN 2013.

Oleh: Benedikta Risma
Sumber : http://www.sbmptn.or.id


Related Posts :