Rabu, 03 Juli 2013

Henna, Si Cantik Penuh Manfaat

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata henna? Henna, sejenis tanaman yang biasa digunakan oleh perempuan Afrika dan Asia untuk menghiasi tubuh. Tanaman ini memiliki nama latin yakni lawsonia inermis, henna sudah dipakai jauh sebelum datangnya bedak tabur, eye shadow, maupun perona bibir modern. Lihat saja meskipun kehadirannya sudah cukup lama namun hingga kini henna masih mendapat posisi istimewa bagi para perempuan.

Henna lebih dikenal digunakan oleh perempuan India, pemakaian henna ini sudah membudaya semenjak tahun 400 Masehi, untuk mewarnai rambut. Tak hanya di India henna juga dipakai di kerajaan Romawi, dan negara Spanyol. Bahkan dalam lembar papirus ternyata henna sudah dikenal sejak abad ke 16 SM.

Menurut Ibnu Qayyim al-jawzi, di Syiria dan Mesir pada abad 14 SM henna sudah dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, beda halnya di negara maroko, henna digunakan untuk memberi ornamen warna pada wol dan produk berbahan kulit lainnya. Manfaat lain kegunaan henna juga sebagai pengusir serangga dan mencegah jamur maupun lapuk pada suatu bahan.

Bahkan konon, Rasulullah SAW gemar memakai henna saat terluka akibat perang. Dalam sebuah riwayat disebutkan, “Nabi SAW tidak pernah melewatkan penderitaan akibat luka atau tusukan, tanpa membubuhinya dengan henna.” (HR Tirmidzi). Tak hanya itu telah disebutkan pula dalam sebuah literatur bahwa kandungan tannin dan materi layaknya perekat pada henna , memiliki efek yang mampu menjadi antiseptik dan menghentikan pendarahan.

Selain itu, walau masih harus dibuktikan secara medis, henna dipercaya dapat bermanfaat sebagai khasiat anti viral, yang berpotensi untuk menyembuhkan penyakit infeksi akibat virus. Mulai dari infeksi ringan, seperti kutil, hingga penyakit berat seperti AIDS.





Bahan cantik ini yang kerap dipakai untuk acara pernikahan dan dipakai pada hari-hari besar juga memiliki manfaat bagi rambut, siapa yang menyangka henna yang selama ini kita pakai untuk memperindah kuku-kuku manis kita ternyata mengandung khasiat yang luar biasa masih sedikit diketahui oleh khalayak ramai.

Secara alami henna ini menghasilkan molekul lawsone yang memiliki warna merah dan oranye yang terbukti memiliki protein yang sangat kaya. Sehingga tidak heran dunia kecantikan banyak memanfaatkan henna ini untuk memberi sentuhan pada kulit, rambut, maupun kuku. Tidak hanya itu henna bahkan dapat menghilangkan masalh ketombe, memperbaiki struktur rambut, serta meningkatkan kualitas rambut.

Manfaat Henna untuk Rambut :

Banyak sekali manfaat menggunakan henna untuk mewarnai rambut anda, diantaranya yaitu :

  1. Mencegah tumbuhnya uban prematur
  2. Menyehatkan dan melembabkan rambut
  3. Tidak menyebabkan iritasi kulit kepala
  4. Simpel dan mudah digunakan
  5. Tidak meringankan warna rambut seperti proses bleaching
  6. Tidak mengandung bahan kimia yang keras
  7. Dapat meluruskan dan menebalkan rambut
  8. Tidak mengandung ammonia
  9. Mencegah kerontokan rambut dan ketombe

Tips Memakai Henna

  1. Ambil secukupnya bubuk henna dan letakkan dalam wadah, tambahkan air hangat secukupnya lalu aduk sehingga menjadi pasta. Agar gambar mampu bertahan lama gunakan air mendidih saat menyeduh bubuk henna. Selain air mendidih, bisa ditambahkan larutan asam yang diambil dari perasan buah jeruk untuk menghasilkan efek warna lebih tua dan ketahanan gambar di kulit.
  2. Setelah siap, henna digambarkan pada kulit tubuh. Setelah penggambaran selesai, biarkan kira-kira 2 jam lebih, lalu hapus sisa pasta yang tertinggal di kulit menggunakan tisu lembut atau air hangat. Ingat, jangan gunakan sabun karena nantinya akan menghapus gambar yang sudah dibuat.
  3. Makin lama membiarkan pasta henna di kulit, akan menghasilkan warna yang lebih tahan lama dan awet.

Bagaimana? Pastinya anda lebih berminat memakai henna bila ditinjau dari manfaat dan keindahannya yang sangat dibutuhkan wanita untuk memperindah kuku dan kulit.

Oleh : Ade Sundari
Referensi : Majalah Gontor, edisi 12 tahun VI, April 2009, halaman 84 rubrik tsaqafah.
Sumber Gambar : Internet


Related Posts :