Senin, 01 Juli 2013

Manfaat Buah Markisa


Source image : akifahagtria.blogspot.com

Bagi sebagian orang, mungkin sudah tak asing lagi dengan buah yang satu ini.

Ya. Buah Markisa.

Markisa, dikenal luas di masyarakat karena memiliki aroma yang khas dan keras. Selain itu, markisa juga terkenal dikarenakan rasa sari buahnya yang asam luar biasa.

Di Indonesia, ada 4 macam buah markisa [Passiflora edulis] yang dibudidayakan. Di antaranya :

1. Markisa Konyal [Passiflora lingularis]
2. Markisa Erbis [Passiflora quadrangularis]
3. Markisa Ungu [Passiflora edulis var. edulis]
4. Markisa Kuning [Passiflora edulis var. flavicarpa]

Markisa juga dapat diolah menjadi berbagai macam produk. Misalnya es krim, konsentrat, nentar, serbat, sari buah, selai, jeli dan squash.

Selain terkenal dengan rasanya yang masam, buah markisa juga terkenal karena banyak manfaatnya, lho.

Di antaranya, buah markisa yang dapat langsung dimakan segar setelah buahnya matang merupakan sumber vitamin A dan vitamin C.

Vitamin A baik untuk kesehatan mata, gigi, kulit dan rambut serta baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Sementara vitamin C diperlukan tubuh sebagai zat antioksidan.

Buah markisa juga berkhasiat sebagai pereda rasa nyeri, anti kejang, kolitis, penenang dan anti radang. Markisa juga dapat mengatasi sembelit, disentri, insomnia, batuk, serak, tenggorokan kering dan bahkan dapat mengatasi gangguan di saat haid. Daging buahnya juga dimanfaatkan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare dan gejala neurasthenia (gangguan yang ditandai dengan kelelahan fisik dan mental yang kronis sekalipun tidak ditemukan sebab-sebab fisik misalnya cepat merasa lelah dan tidak bersemangat).

Menurut penelitian di University of Florida, ekstrak buah markisa kuning banyak mengandung zat fitokimia yang berfungsi atau bahkan mampu untuk membunuh sel-sel kanker.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah markisa juga tidak kalah banyak. Diantaranya : energi, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, mineral, riboflavin, niasin dan asam-asaman seperti asam askorbat dan asam sitrat.

Buah markisa juga buah yang kaya akan vitamin-vitamin B. vitamin B banyak mengandung potassium yang bermanfaat untuk dapat merilekskan sistem saraf.

Apabila Anda baru pulih dari sakit, mengonsumsi buah markisa dapat memulihkan lemah tubuh, dapat meningkatkan nafsu makan dan mengobati penyakit kurang darah atau anemia.

Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui, makan buah markisa juga dapat memperlancar ASI.

Buah markisa juga mampu meredakan debaran jantung yang berlebihan dan dapat membantu mengobati infeksi saluran kencing dan diuretik.

Turut mengatur beberapa kegiatan tubuh seperti : tidur, pubertas, lapar dan suasana hati juga merupakan salah satu manfaat dari buah markisa.

Selain itu, buah markisa juga dapat mengendalikan kadar kolesterol, mencegah dan menghentikan batuk, mengobati kerutan pada kulit dan memperlancar saluran pembuluh darah.

Oleh : Nira Kunea
Referensi :
Hakimah, Ainun. 2010. 81 Macam Buah Berkhasiat Istimewa. Syura Media Utama.


Related Posts :