Selasa, 02 Juli 2013

Menyoal Sejarah dan Jenis Tanaman Jagung (Zea mays L)



Tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan biji-bijian dari keluarga rumput-rumputan. Berasal dari Amerika yang tersebar ke Asia dan Afrika melalui kegiatan bisnis orang-orang Eropa ke Amerika. Sekitar abad ke-16 orang Portugal menyebarluaskannya ke Asia termasuk Indonesia.

Orang Belanda menamakannya mais dan orang Inggris menamakannya corn. Bagaimanakah tanaman jagung dapat tersebar luas dan ada di mana-mana? Dari daerah beriklim Hangat di Spanyol sampai yang beriklim dingin, daerah dengan hari pendek di Jerman, dari Nigeria Sampai Karibia, jagung dapat ditemukan di mana-mana. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh CIMMYT bersama rekannya membuka tabir baru migrasi global tanaman jagung. Para ilmuwan telah menggunakan penanda DNA dan pendekatan-pendekatan baru guna menganalisis hampir 900 populasi jagung dan nenek moyangnya, teosinte dari seluruh dunia.

Studi-studi tersebut membenarkan dugaan bahwa jagung di Eropa Utara berasal dari varietas-varietas di Amerika Utara yang dibawa ke benua tersebut beberapa dekade se telah kembali dan pasti bukan berasal dari genotipe-genotipe tropis.

Tanaman jagung di daerah beriklim hangat menyebar lebih lanjut ke Utara dan Timur melintasi Amerika Utara, sementara jagung yang berasal dari daerah tropis menyebar ke selatan. Kedua jenis jagung tersebut ini sangat berbeda satu sama lain karena mereka tidak bersilangan dengan baik di mana penelitian untuk mengkaji perjalanan jagung terus berlanjut, dan kelak akan membantu para peneliti untuk merancang varietas jagung dengan sifat-sifat yang menarik, mengambil keuntungan dari sumber keragaman genetik (gene pool) jagung yang luas.

2. Jenis Tanaman Jagung.

Sistematika tanaman jagung adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae (tumbuh-tumbuhan), Divisio: Spermatophyta (tumbuhan berbiji), Sub Divisio: Angiospermae (berbiji tertutup), Classis: Monocotyledone (berkeping satu), Ordo: Graminae (rumput-rumputan), Familia: Graminaceae, Genus: Zea, Species: Zea mays L.



Jenis jagung dapat dikelompokkan menurut umur dan bentuk biji.

  • Menurut umur, dibagi menjadi 3 golongan:
    1. Berumur pendek (genjah): 75-90 hari, contoh: Genjah Warangan, Genjah Kertas, Abimanyu dan Arjuna. 2.
    2. Berumur sedang (tengahan): 90-120 hari, contoh: Hibrida C 1, Hibrida CP 1 dan CPI, Hibrida IPB 4, Hibrida Pioneer 2, Malin,Metro dan Pandu.
    3. Berumur panjang: lebih dari 120 hari, contoh: Kania Putih, Bastar Kuning.
  • Menurut bentuk biji, dibagi menjadi 7 golongan:
    1. Dent Corn
    2. Flint Corn
    3. Sweet Corn
    4. Pop Corn
    5. Flour Corn
    6. Pod Corn
    7. Waxy Corn

Mempunyai sifat: berproduksi tinggi, umur pendek, tahan serangan penyakit utama dan sifat-sifat lain yang menguntungkan. Varietas unggul ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: jagung hibrida dan varietas jagung bersari bebas.

Nama beberapa varietas jagung yang dikenal antara lain: Abimanyu, Arjuna, Bromo, Bastar Kuning, Bima, Genjah Kertas, Harapan, Harapan Baru, Hibrida C 1 (Hibrida Cargil 1), Hibrida IPB 4, Kalingga, Kania Putih, Malin, Metro, Nakula, Pandu.

Oleh : Ade Sundari


Related Posts :