Selasa, 30 Juli 2013

Rambut Oke Saat Berhijab

Mengenakan jilbab atau berhijab adalah kewajiban bagi umat muslim wanita untuk menutup aurat. Memakai jilbab juga bisa menjauhkan rambut kamu dari polusi udara dan sengatan matahari. Tapi tentu saja, ada efek sebaliknya yang bisa bikin kamu kerepotan.

Terkadang, mereka yang sudah memakai jilbab merasakan gangguan di area kepala. Ya, rambut bisa menjadi lepek dan berminyak. Hal itu disebabkan lantaran adanya gesekan antara kain jilbab dan rambut. Gesekan inilah yang menimbulkan tekanan pada kulit kepala sehingga memproduksi minyak berlebih. Minyak pada kulit kepala menjadi makanan lezat bagi makhluk hidup yang hinggap di kulit kepala, seperti kutu, sekaligus memicu timbulnya ketombe. Selain itu, rambut yang lepek dan berminyak juga rentan mengalami kerontokan.

Tapi kamu yang berhijab, nggak perlu merasa cemas. Kamu bisa merawat rambutmu tetap sehat tanpa harus menanggalkan jilbab. Kamu bisa mempraktikkan tips-tips berikut agar rambutmu tetap oke saat berhijab :

  1. Keringkan Rambut Setelah Keramas.
    Setelah berkeramas, keringkan dulu rambut hingga betul-betul kering sebelum menutupinya dengan kerudung. Ingat, rambut lembab bisa menimbulkan ketombe.
  2. Memilih Kain Jilbab yang Sesuai.
    Pilih-pilih jenis bahan kerudung yang pas untuk kamu pakai. Agar rambut terjaga dari kelembabannya, pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar seperti katun atau kaos. Bahan seperti itu memudahkan sirkulasi udara di kepala.
  3. Perhatikan Ketebalan Kerudung.
    Bila harus memakai beberapa lapis kerudung, upayakan tidak terlalu tebal. Ingat, rambut kamu juga butuh bernapas, kan? Kalau rambut nggak bisa bernapas, kelembaban dan ketombe siap menyerang kepalamu.
  4. Tetaplah menyisir rambut.
    Dengan memakai jilbab nggak lantas kamu terbebas dari kewajiban menyisir rambut. Sisirlah rambut dan lakukan itu tiga kali sehari agar rambutmu nggak kusut. Kekusutan yang berlarut-larut bakal membuatmu kehilangan keindahan rambut.
  5. Pilih Ikat Rambut Kain.
    Kalau mau mengikat rambut, pakailah ikat rambut berbahan kain. Ikat rambut seperti gelang karet hanya bikin rambut kamu patah-patah, apalagi bila mengikatnya terlalu kencang. Sangat bagus jika kamu menggeraikan rambutmu saat berada di rumah.
  6. Gunakan Shampo yang Menyegarkan Kulit Kepala.
    Untuk perawatan, gunakanlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut yang berjilbab. Kamu bisa memakai shampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Lidah buaya berkhasiat membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Kamu juga bisa memakai shampo yang terbuat dari kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.
  7. Perhatikan Model Potongan Rambut.
    Bagaimana dengan model atau potongan rambut kamu? Agar tetap sehat, kamu bisa memangkas rambut dengan model “bob” atau sependek mungkin. Selain lebih mudah ditata, kamu juga nggak perlu mengikat rambut, sehingga rambut pun dapat “bernapas” lebih lega. Tapi kamu bisa memilih model potongan rambut yang lain, dengan syarat nggak membuatmu ribet saat menggunakan jilbab.

Mudah kan merawat rambut yang berhijab? Jangan sampai keputusan berhijabmu goyah karena rambutmu rusak atau kulit kepala tidak nyaman.

Oleh : Benedikta Risma
Sumber : dari berbagai sumber


Related Posts :