Jumat, 16 Agustus 2013

BURUNG CAMAR

Klasifikasi Ilmiah Burung Camar:
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Charadriiformes
Upaordo : Lari
Famili : Laridae
Genus : Larus
Spesies : Larus sp.

Burung Camar adalah penerbang yang hebat, dia mampu membumbung tinggi dan melayang di atas tiupan angin laut. Pada saat Burung Camar terbang di atas lautan, binatang ini menghemat energi mereka dengan menggunakan aliran udara yang disebabkan oleh gelombang-gelombang tinggi. Burung Camar disebut juga dara laut karena jinak seperti Dara dan Merpati. Selain itu, Burung Camar juga masih memiliki kekerabatan dengan burung dara laut yang merupakan Famili Sternidae. Selain disebut dara laut, Burung Camar juga mendapat sebutan Burung Kepinis laut karena memiliki ekor bercangap mirip Kepinis atau Seriti.

Agar kita mengenali seperti apakah burung camar maka kita dapat tahu melalui ciri-ciri yang dimiliki burung camar, antara lain warna bulu didominasi putih keabu-abuan, kadang dengan warna kehitaman di bagian kepala atau sayap, paruhnya runcing dan panjang serta kuat. Sayapnya panjang dengan bagian ujungnya meruncing, ekornya bercangap seperti garpu, postur badannya langsing, kakinya pendek dengan warna merah dan berselaput renang.

Terdapat lebih dari 40 jenis burung camar yang hidup di daerah pesisir seluruh dunia. Spesies Camar memiliki ukuran dan berat badan yang bermacam-macam, diantaranya Burung Camar Kecil beratnya 120 gram dan panjangnya kurang lebih 29 cm, Burung Camar Berpunggung Hitam beratnya 1.75 kg dan panjangnya 76 cm.


Sumber gambar: google.com

Tempat tinggal Burung Camar biasanya berada di tebing-tebing bersama kawanannya dalam kelompok besar. Jika dalam jumlah yang banyak, suara burung camar terdengar ribut.

Makanan Burung camar adalah ikan, telur, cacing, dan serangga. Namun, dia juga tidak segan untuk makan anak burung yang masih kecil di saat terasa lapar. Mereka juga sering mencari makanannya di tempat sampah.


Sumber gambar: google.com

Burung Camar memiliki penglihatan yang serupa dengan ikan, amfibi, dan reptil yaitu memiliki empat jenis reseptor warna. Burung Camar merupakan sebagian dari jenis burung laut yang memiliki tetesan minyak merah atau kuning pada reseptor warna di matanya. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki penglihatan jarak jauh terutama pada kondisi berkabut.

Burung Camar berkembangbiak dengan cara bertelur. Biasanya binatang ini akan bertelur di pantai yang berbatu. Burung Camar akan melindungi anak-anaknya di sekitar sarang apabila ada binatang lain yang ingin memangsa anaknya. Biasanya, sang induk akan langsung menyerang musuh yang akan memangsa anaknya. Setiap bertelur menelurkan sebutir dan setelah itu akan dierami selama tiga minggu. Ketika masih bayi, burung ini memiliki bulu lembut dan halus.

Kini, Burung Camar terancam kepunahannya karena banyak yang memburunya.

Oleh : Wahyu Inayah Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Camar
http://id.wikipedia.org/wiki/Penglihatan_burung


Related Posts :