Rabu, 11 September 2013

Beberapa Tips Untuk Mencegah Hacking Facebook


Source image : smilepedia.blogspot.com

Banyak sekali kejahatan dunia maya yang terjadi saat ini. Salah satunya adalah hacking Facebook. Akun Facebook memang sering sekali menjadi sasaran para lamer.

Nah, apabila akun Facebook sudah berhasil dibobol, maka kendali Anda atas akun tersebut akan hilang.

Ada berbagai macam cara yang bisa mereka gunakan untuk mencuri password Facebook milik orang lain. Salah satunya adalah dengan login palsu atau biasa disebut dengan fake login.

Oleh karena itu, Anda perlu mengamankan akun Facebook Anda supaya tidak mudah dibobol oleh para lamer.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk mencegah hacking Facebook.

  1. Pastikan selalu login pada situs asli Facebook. Perhatikan url pada address bar-nya. Jika bukan domain dari situs aslinya, yaitu Facebook.com, jangan pernah melakukan login di dalamnya.

  2. Buatlah sandi Facebook yang sulit ditebak dan bervariasi. Misalnya terdiri dari huruf, angka, dan simbol. Contoh : @uruha_47. Hindari juga pemakaian kata sandi dengan menggunakan tanggal lahir. Selain itu, update selalu password secara berkala.

  3. Kemudian, lakukanlah hal-hal berikut :

    1. Klik ikon gear di pojok kanan atas => Pilih Account Settings => Pilih Tab General. Pada bagian e-mail, pastikan tidak ada tanda centang pada allow friends to include my e-mail address in Download Your Information.

    2. Masuk tab Security dan lakukan pengaturan-pengaturan di bawah ini :
      • Berikan tanda centang pada Browse Facebook on a secure connection (https) when possible di bagian Secure Browsing.

      • Kemudian, pada bagian Login Notifications, berilah tanda centang pada e-mail jika ingin mendapatkan notifikasi login dari e-mail. Atau, berikan tanda centang pada pada Text Message/ Push Notifications apabila menginginkan notifikasi login dalam bentuk sms.

      • Aktifkan Login Approvals. Login Approvals adalah suatu fitur di mana ketika Anda ingin login ke akun Facebook, Anda harus mengisi kode konfirmasi yang dikirim ke nomor ponsel Anda. Kode keamanan ini, sudah seperti perlindungan lapis kedua untuk akun Facebook.

        Langkah-langkah untuk mengaktifkan Login Approvals adalah sebagai berikut :

        • Setelah masuk ke tab Security, pilihlah Login Approvals.

        • Beri tanda centang pada check box yang telah disediakan => Klik Set Up Now.

        • Tunggu beberapa saat, akan ada tulisan yang kira-kira bunyinya seperti ini ‘it can sometimes take a few minutes to receive the code’. Setelah itu, Facebook akan mengirimkan kode konfirmasi ke ponsel Anda. Masukan kode tersebut dan klik Submit Code.

        • Apabila pengaktifan Login Approvals telah berhasil, maka Facebook akan menampilkan pemberitahuan bahwa pengaturan Login Approvals sukses.

  4. Sembunyikan alamat e-mail pada kotak informasi dengan mengubah setting-an privacy menjadi ‘Only Me’.

  5. Dan yang terakhir, selalu bersikap sopan dan ramah apabila sedang menggunakan Facebook. Bisa jadi yang meng-hack akun Anda adalah teman Anda sendiri karena sakit hati dengan komentar-komentar yang Anda buat.

oleh : Nira Kunea
Referensi :
Andrea Adelheid. 2013. 1 Hari Menjadi Hacker. Jakarta : Mediakita.


Related Posts :