Rabu, 18 September 2013

Cara-cara Aman Mengusir Nyamuk

Siapa yang tidak kenal nyamuk? Serangga ini memang menjadi musuh bagi manusia. Selain mengganggu, nyamuk juga serangga yang membahayakan. Gigitannya dapat mengakibatkan bintik merah pada kulit, selanjutnya juga bisa berdampak serius seperti demam berdarah dan malaria. Tidak salah, jika nyamuk dijuluki serangga pembunuh berdarah dingin.

Munculnya berbagai produk pengusir nyamuk sejenis obat nyamuk bakar atau lotion nyamuk, dianggap solusi untuk mengusir keberadaan nyamuk. Kenyataannya memang iya, produk tersebut mampu mencegah kita dari gigitan nyamuk, menjauhkan kita dari nyamuk walau sifatnya sementara. Namun, kita tidak dapat terus ketergantungan menggunakan produk pengusir nyamuk yang ada. Adapun diketahui banyak efek negatif yang diterima tubuh dari memakai produk-produk tersebut.

Contohnya pada anti nyamuk bakar. Asap yang dihasilkannya dapat menimbulkan penyakit paru-paru dan sesak nafas bagi manusia. Sandeep Salvi, seorang peneliti paru-paru dalam konferensi ‘Air Pollution And Our Health’ ia mengemukakan, asap yang terkandung dalam anti nyamuk bakar setara dengan 100 batang rokok. Selanjutnya, lotion nyamuk. Pemakaian lotion nyamuk secara terus-menerus juga tidak baik bagi kesehatan kulit, kulit dapat iritasi. Bayangkan, kulit anda diolesi lotion nyamuk yang terbuat dari bahan kimia, tentunya itu sangat tidak baik bagi kulit. Oleh karena itu, kita perlu memakai cara-cara aman dalam mengusir nyamuk agar tidak merugikan kesehatan diri sendiri.

Di bawah ini cara-cara aman yang dapat anda lakukan demi terhindar dari serangga nyamuk :

  • Menjaga Kebersihan

    Tentunya ini menjadi dasar untuk menghindari nyamuk. Mau pakai produk apapun kalau lingkungan anda sangat kotor, nyamuk pastinya akan tetap betah dan bertahan tinggal di lingkungan tersebut. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan berpedoman 3M (Menguras, Menutup, Mengubur).

  • Memasang Kelambu

    Kelambu atau tirai kain yang dipasang pada kamar adalah cara terbaik menghindari kita dari nyamuk. Tetapi masih sedikit rumah yang memasang kelambu pada kamarnya, mungkin akibat harga kelambu yang sedikit mahal. Padahal, pemasangan kelambu sangat berguna terutama bagi anda yang memiliki bayi, melindungi bayi dari gigitan nyamuk tanpa harus memakai lotion nyamuk atau anti nyamuk lainnya.

  • Menanam tumbuhan pengusir nyamuk

    Beberapa tumbuhan memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Jika tumbuhan ini anda tanam di sekeliling rumah dan di tempat yang banyak nyamuknya, maka akan mengurangi intensitas jumlah nyamuk yang bersarang di rumah anda. Diantara tumbuhan itu adalah lavender, serai wangi, zodia, rosemary, akar wangi, kecombrang. Keuntungan lain yang didapat dari menanam tumbuhan pengusir nyamuk yaitu bisa sekalian menjadi tanaman hias untuk memperindah rumah anda.

  • Membuat Perangkap Nyamuk Alternatif

    Pernah dibahas sebelumnya mengenai cara membuat perangkap nyamuk alternatif di situs puncak bukit, tepatnya pada link ini. Anda dapat membuat perangkap tersebut untuk mengurangi keberadaan nyamuk di rumah anda.

Sekian artikel ini menjelaskan tentang bahaya penggunaan produk pengusir nyamuk beserta cara-cara aman yang dapat diterapkan sebagai solusinya. Mulai sekarang anda dapat memutuskan pilih cara yang mana. Cara yang instan tapi berbahaya atau cara yang alami tapi aman. Saran penulis, mulailah untuk hidup dengan cara yang sehat. Semoga bermanfaat.

Oleh : Roma Doni


Related Posts :